Komponen Penting Dalam Sebuah Band

KelasMusik.Com – Grup band merupakan sebuah grup yang terdiri dari beberapa musisi yang bergabung menjadi satu untuk menciptakan sebuah lagu dengan alunan yang merdu. Tidak akan pernah dinamakan sebuah grup band jika musisi tersebut hanya terdiri dari seorang saja. Biasanya seorang musisi yang bermain sendiri akan disebut sebagai penyanyi ataupun hal yang lainnya sesuai dengan apa yang dimainkannya dalam musik tersebut. Lalu apa komponen penting dalam sebuah band ?

Komponen Grup Band

Ada banyak sekali komponen yang menyusun sebuah grup band. Kita tidak hanya bisa melihat dari sisi personil saja yang ada di grup band tersebut tetapi juga harus bisa melihat komponen lainnya yang ikut serta memberikan sumbangsih cukup besar bagi terselenggaranya pementasan bagi grup band tersebut baik secara langsung ataupun secara tidak langsung.

Komponen utama atau dasar dari sebuah grup band adalah terdiri dari beberapa orang personil yang memiliki visi dan misi yang sama untuk bermain musik. Beberapa komponen utama dalam personil grup band adalah sebagai berikut.

  1. Vokalis
  2. Gitaris
  3. Basis
  4. Drumer

Keempat personil  tersebut merupakan komponen utama bagi terselenggaranya sebuah grup band sedangkan personil yang lainnya hanya merupakan tambahan saja. Sebagai contoh adalah personil pianis ataupun pemain biola yang terkadang ada dalam sebuh grup band.

Maksud dari personil tambahan tersebut adalah tanpa kehadiran mereka pun grup band tersebut masih bisa tetap jalan untuk memainkan musik. Sebagaimana kebanyakan grup band yang ada di tanah air ini yang hanya terdiri dari keempat personil saja yang sudah disebutkan tersebut. Meskipun tidak memungkiri bahwa ada beberapa grup band lainnya yang juga memiliki personil lainnya selain yang sudah disebutkan tersebut.

Komponen lainya yang tidak kalah penting bagi sebuah grup band agar tetap bisa melanggengkan hidupnya di dunia belantika musik di tanah air ini adalah manager, kru peralatan, petugas suara (sound engginer), dan dokumentasi. Semua komponen ini wajib ada agar grup band yang dimiliki bisa berjalan dengan baik.

Tanpa adanya manajer maka grup band tersebut tidak akan mampu berjalan dengan baik. Grup band tersebut hanya akan mampu berjalan di tempat ataupun lokasi sekitar saja karena kurangnya pemasaran atau orang yang akan mengenalkan grup band tersebut ke banyak orang yang tentunya akan menikmati musik mereka.

Begitu juga dengan komponen lainnnya seperti kru peralatan, petugas suara, dan dokumentasi yang juga memiliki peran penting masing-masing. Meskipun tidak memberikan sumbangsih secara langsung tetapi kehadiran mereka tidak bisa dihiraukan.

Komponen Penting

Seperti yang sudah diketahui bahwa dalam sebuah grup band terdiri dari banyak sekali personil dan juga komponen yang ikut menyukseskan grup band tersebut. Personil saja yang ada di grup band ada 4 orang yang harus ada, jika tidak maka grup band tersebut tidak akan mampu berjalan dengan baik.

Sebagai contoh jika grup band tersebut tidak memiliki vokalis maka grup band hanya akan memainkan musik saja. Begitu juga jika kehilangan personil yang penting lainnya maka grup band tidak akan berjalan dengan baik. Hal ini pun tidak luput dari pandangan yagn berada di luar komponen utama seperti manager.

Tanpa kehadiran seorang manager maka grup band yang kita miliki akan sulit untuk berkembang. Musik yang dibawa oleh grup band tersebut tidak akan mudah dikenal oleh masyarakat dan mendapatkan para fansnya jika tidak ada orang yang mengenalkannya ke mereka yakni manager.

Dari sini kita bisa mengambil sebuah kesimpulan penting bahwa komponen penting dalam grup band adalah semua orang yang terlibat dalam grup band tersebut. Kita tidak hanya bisa menumpukan pada satu personil saja karena semuanya berkerja sama untuk kejayaan bersama.

Kata kunci pencarian:

band adalah, penyanyi dalam grup band, bagian terpenting dari band, peran vokalis dalam sebuah band, Band terdiri dari?, penyanyi dalam grup band disebut, nama nama alat alat yang digunakan vokalis band, anggota penting band, alat musik terpenting dalam band, nama bagian dlm kru grup band, 
Share this article!

Speak Your Mind

*