Jenis Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkannya

KelasMusik.Com – Musik adalah salah satu seni kehidupan yang selalu akan hadir dalam kehidupan manusia. Kehadiran musik disetiap kehidupan memberi perubahan untuk setiap pemain dan pendengarnya.

Untuk menciptakan musik nan indah setiap musisi menggunakan alat musik, dan suara hasil dari alat musik tersebut akan diaransemen menjadi suatu harmoni indah sehingga alat musik tersebut baru bisa dikatan bahwa alat musik adalah sebagian dari hidup setiap musisi.

Nah, dari jenis alat musik yang ada di dunia ini, alat musik tersebut digolongkan dari cara memainkannya untuk mengeluarkan bunyi atau nada-nada. Diantaranya adalah alat musik tiup, alat musik petik, alat musik pukul, alat musik gesek dan alat musik ditekan.

  • Alat musik dimainkan dengan cara tiup

Untuk jenis alat musik ini tentu sudah sangat banyak hadir sekarang ini yaitu, trumpet, flute, seruling, saxophone, clarinet dan masih banyak yang lainnya.

Alat musik tiup akan mengeluarkan suara atau bunyi pada saat alat musik tersebut ditiup. Dan untuk meniupnya juga memerlukan teknik supaya benar-benar bisa mengeluarkan bunyi.

Untuk jenis alat musik tiup dibagian alat musik ini memiliki lobang atau tombol untuk ditekan. Saat memainkannya jari kita akan menekan tombol kunci nada atau menutup beberapa lubang alat musik tersebut.

Musalnya saat memainkan alat musik seruling tentu saja saat seruling ditiup tentu ada lubang yang ditutup saambil ditiup da nada lubang yang trbuka sehingga bisa mengeluarkan nada.

Tinggi rendahnya nada yang dihasilkan ditentukan oleh frekwensi gelombang dari udara yang dihembus ke alat musik tersebut.

  • Alat musik dimainkan dengan cara petik

Jenis alat musik petik salah satu contohnya adalah gitar. Gitar menjadi salah satu jenis instrument yang sangat familiar dan popular dikalagan masyarakat. Sepertinya alat musik ini memiliki daya pemikat bagi setiap pecinta musik.

Alat musik petik selain dari gitar masih banyak alat musik petik lainnya yaitu kecapi dan yang lainnya. Alat musik ini menghasilkan bunyi ketika senar digetarkan melalui dipetik. Untuk nada tinggi rendahnya dihasilkan dari dawai alat musik tersebut.

Dengan jari jemari yang lentik saat memainkan alat musik ini memberi kesan yang mendalam bagi yang memainkannya.

  • Alat musik dimainkan dengan cara gesek

Alat musik gesek  merupakan bagian instrument musik yang akan menghasilkan suatu bunyi melodi dari gesekan antara dawai dan busurnya.

Alat musik dawai ini yang dimainkan dengan cara digesek adalah viola, cello, biola, contra bass. Dari dawai yang digesek akan menghasilkan sebuah bunyi yang lembut didengar.

Suara yang akan dihasilkan dari alat musik gesek ditentukan oleh panjang senar, berat dan ketebalan dan juga tekanannya. Cara memainkan alat musik gesek harus dengan teknik khusus yang melibatkan perasaan saat menggesek.

  • Alat musik dimainkan dengan cara tekan/ sentuh

Alat musik sentuh atau yang sering disebut alat musik tekan yang merupakan cara memainkannya dengan ditekan pada tuts-tuts alat musik tersebut. Misalnya Lat musik piano, kerboard, dan organ.

Yang menjadi pembeda alat musik tekan ini adalah dari teknik cara memainkannya dan efek suara yang akan dikeluarkan juga bervariasi.

Untuk setiap jenis alat musik selain untuk mengaransemen musik yang baru tentunya sering digunakan untuk mengiringi penyanyi atau untuk acara-acara pertunjukan juga. Dari setiap alat musik memiliki keunikan dan dapat memberi manfaat untuk setiap pengguna alat musik tersebut.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.