Malas Olahraga? Berolahraga Sambil Dengarkan Musik

KelasMusik.Com –Pernah mengalami rasa malas ketika ingin atau sedang berolahraga? Tentu pernah, bahkan bagi sebagian orang mungkin sering mengalami hal ini. Jika itu terjadi, maka cobalah berolahraga sambil dengarkan musik. Mengapa begitu? Untuk lebih jelasnya, baca ulasan berikut ini mengenai beberapa manfaat mendengarkan musik ketika sedang berolahraga.

Merubah Mood

Saat anda sedang merasa malas, mungkin hal tersebut dipicu akibat mood atau perasaan yang sedang tidak nyaman, kurang bersemangat, dll. Nah… untuk membuat mood menjadi lebih baik, maka dengarkan musik yang memiliki beat cepat sehingga akan mampu memunculkan perasaan bersemangat. Menurut Dr. Costa Karageorghis, berolahraga sambil dengarkan musik dapat mempengaruhi psikologis dan emosional seseorang. Jadi, ketika anda mendengarkan musik maka saraf otak akan terpengaruh oleh musik tersebut sehingga mampu membuat seseorang berolahraga lebih lama daripada mereka yang tidak mendengarkan musik.

Musik Membuat Tahan Lama

Mendengarkan musik yang disenangi akan memberikan rasa senang meski tubuh sedang lelah akibat berolahraga ini. Musik yang memiliki tempo 120-140 ketukan/menit dapat menstimulasi kerja jantung, hal ini berdampak pada gerakan olahraga yang dilakukan menjadi lebih eferktif sehingga tubuh menjadi lebih tahan lama dan tidak mudah lelah. Ternyata, berolahraga sambil degarkan musik dapat meningkatkan durasi olahraga.

Memotivasi

Hampir setiap pusat kebugaran menyetel musik atau lagu di ruangan tempat orang-orang berlatih dan melakukan olahraga. Hal ini tidak semata-mata hanya untuk menghibur, melainkan juga dapat memberikan motivasi lebih bagi orang yang sedang berolahraga. Musik upbeat yang diiringi hentakan bisa membakar semangat saat sedang lelah atau malas.

Atur Tempo Dengan Musik

Pada olahraga senam, terdapat beberapa bagian gerakan seperti gerakan pemanasan, inti dan pendinginan. Anda bisa memilih beberapa musik yang pas untuk dijadikan pengiring gerakan olahraga yang anda lakukan. Pilih musik yang kira-kira sesuai temponya dengan gerakan olahraga. Untuk pemanasan gunakan musik upbeat lalu pada akhir gerakan atau pendinginan, gunakan musik yang lebih slow atau dengan tempo lambat.

Mempengaruhi Kesehatan

Beberapa peneilitan menyebutkan adanya pengaruh positif bagi kesehatan ketika mendengarkan musik. Hal ini pula yang terjadi ketika anda berolahraga sambil dengarkan musik. Musik ibarat terapi bagi beberapa gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung, stress, dll.

Meningkatkan Kemampuan Berlari

Bagi anda yang senang dengan olahraga lari atau jogging, ada sebuah informasi menarik yang datang dari Brunei University, dikatakan oleh Dr Coastas karageoghis bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan kemampuan berlari hingga 15%. Penelitian ini berlaku bagi mereka yang senang melakukan olahraga lari sebagai olahraga kesenangan, bukan untuk atlit pelari profesional karena biasanya atlit harus fokus.

Memberikan Efek Percaya Diri

Agar saat berolahraga, anda merasa lebih percaya diri dan dapat tampil dengan baik maka putar lagu atau musik favorit. Namun, anda harus jeli menentukan musik apa yang pas untuk membuat anda percaya diri karena tidak semua jenis musik dapat memberikan efek yang baik terhadap performa dan kepercayaan diri seseorang.

Meningkatkan Fungsi Jantung

Dikutip dari Huffington Post, berolahraga sambil dengarkan musikdapat meningkatkan efek positif terhadap kerja organ jantung. Ini merupakan sebuah fakta yang tidak direkayasa melainkan berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap beberapa orang yang dipilih sebagai sampel. Jadi, masih ragu menggunakan musik seabagai teman pengiring saat berolahraga? Yuk siapkan segera musik-musik favorit di playlist!

 

Share this article!

Comments

  1. Thanks min infonya sangat bermanfaat.

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.