Mau Belajar teknik vibra alat musik saxophone Paling Mudah? Intip Disini!

KelasMusik.Com – Bagi siapa saja yang masih pemula dan punya keinginan kuat belajar saxophone. Karena didasari ketertarikan kuat terhadap keindahan nada yang dihasilkan  Serta tak lupa bahwa alat musik ini sering dimainkan pada genre jazz dan Anda menggemarinya.

Selain itu Anda juga penggemar pemain saxophone dunia seperti: Dave Koz, Kenny G, Richard Elliot, Eric Marienthal, Sadao Watanabe dan Kenny Garret. Maka belajar teknik vibra alat musik saxophone akan membuat Anda bisa menghasilkan nada jazz yang indah.

Bisa jadi Anda menyusul jejak bintang idola saxophone terkenal. Meskipun Anda belum pernah sama sekali memainkannya, hanya sekedar alunan musiknya. Anda tenang saja, beberapa tips mudah berikut bisa dicoba.

  • Teknik Pegang Saxophone

Teknik pertama ini meskipun sepele tetapi mempengaruhi kualitas nada yang dihasilkan. Berhasil atau tidaknya pemula memainkannya. Awalannya dari cara pegang yang benar. Dengan begitu jari-jari Anda mudah meraih kunci nada yang tersedia pada saxophone.

Jadi posisi jari telunjuk, tengah, dan jari manis entah itu berasal dari tangan kanan atau kiri. Usahakan posisinya berada di sisi permukaan katup nada yang ada.

  • Teknik Pernapasan Yang Baik

Belajar teknik vibra alat musik saxophone itu juga membutuhkan pernapasan yang tepat. Kalau salah dalam melakukan pernapasan bisa jadi nada yang dihasilkan kurang sempurna. Mereka yang mahir dalam bermain alat musik ini umumnya pakai pernapasan diafragma. Sehingga volume udara lebih kuat, dan nada menjadi indah.

Teknik diafragma juga membuat napas lebih panjang. Tidak akan sampai terjadi putus nada tiba-tiba. Sedapat mungkin Anda rutin melakukan olah nafas setiap hari. Selain membantu dalam bermain saxophone. Kegiatan tersebut baik untuk kesehatan. Apalagi pakai metode yoga semakin mantap pernapasan diafragma Anda nantinya.

  • Posisi Main Saxophone

Saat Anda memainkan saxophone tidak ada larangan dalam memposisikan tubuh saat bermain. Meskipun posisi bebas, usahakan tubuh Anda dalam kondisi santai dan rileks. Supaya gaya memainkan saxophone terlihat natural, nada merdu konsisten terjaga.

  • Teknik Embosur Saxophone

Embosur merupakan teknik pengaturan posisi bibir,dan gigi saat memainkan saxophone. Belajar teknik vibra alat musik saxophone yang keempat ini meski sederhana tetapi bisa mempengaruhi performa Anda. Saxophone mempunyai bagian khusus bernama mouthpiece. Embosur yang baik yakni posisikan bibir, gigi pada sisi atas mouthpiece. Dengan begitu Anda konsisten menciptakan nada yang enak didengar dari hasil tiupan melalui mouthpiece.

Ada suatu teknik yang umum dipakai saat berlatih embosur.  Hasil suara serta tone sangat light, enak didengar. Sebagai akibat dari reed yang dikeluarkan sangat leluasa. Bibir bagian bawah menyentuh reed. Tetapi hanya sebagian kecil saja bibir bawah yang posisinya antara gigi serta mouthpiece. Saat melakukan posisi ini, Anda pikirkan saja huruf V. Sehingga langsung jadi tak perlu bingung memposisikan bibir, gigi dan mouthpiece.

  • Teknik Peniupan

Selain embosur hal paling penting dari kualitas suara saxophone terletak pada kualitas tiupan. Sebisa mungkin Anda meniup pakai tenaga kuat tetapi masih wajar. Jangan sampai terlalu kuat malah hasil nada tak maksimal alunannya. Istilah dalam dunia saxophone yakni meniup pakai udara panas.

  • Belajar Main Saxophone Secara Rutin

Saxophone itu dapat dipelajari secara mandiri. Bahkan tidak sedikit orang tanpa kursus menghasilkan nada indah saat main alat musik tiup ini. Bahkan kualitasnya tidak kalah hebat dengan pemain profesional. Asalkan Anda melatihnya secara rutin. Namun jauh lebih baik kalau Anda kursus, karena pengetahuan dan pengalaman dapat terasah.

BACA JUGA :

5 Manfaat Meniup Saxophone Yang Menguntungkan

Mengulas Jawaban Mengapa Harus Kursus Saxophone

Banyak Timbul Pertanyaan Dari Masyarakat Mengapa Main Saxophone Mudah

Aplikasi Belajar Saxophone (Android)

Apa Saja Aksesoris Saxophone dan Manfaatnya?

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.