10 Fakta Bermain Musik Yang Harus Anda Ketahui

KelasMusik.Com – 10 fakta bermain musik ini harus kamu ketahui untuk semakin menambah kecintaanmu terhadap dunia musik. Apapun alat musik yang dimainkan, sadar atau tidak, ada reaksi yang ditimbulkan dari mendengarkan alunan suara yang penuh irama. Nah…apa saja fakta menarik dari bermain musik, simak ulasan berikut ini.

Mampu Mempengaruhi Emosi

Pernah meneteskan airmata saat mendengar alunan musik yang dirasa sangat sedih? Padahal itu hanya sebuah suara. Entah apa yang dirasakan hati, namun saat mendengarkan musik selalu ada emosi yang seakan ikut terbawa. Tidak usaha heran dengan hal ini, karena salah satu dari 10 fakta bermain music adalah dapat mempengaruhi emosi jiwa seseorang, baik yang memainkan alat musik maupun yang mendengarkan.

Melatih Konsentrasi

Hampir setiap alat musik memerlukan konsentrasi untuk memainkannya. Untuk menghasilkan nada yang sesuai tentu tidak sembarangan dalam memainkannya, perlu teknik dan tata cara tersendiri dari tiap alat musik. Misalnya saat memainkan gitar, kita harus benar-benar konsentrasi agar bisa menekan senar secara tepat atau saat bermain drum, ada bagian-bagian tertentu yang harus dipukul, semua hal tersebut perlu konsentrasi tinggi sehingga tak heran jika orang-orang yang bergelut dalam dunia musik memiliki tingkat konsentrasi yang baik.

Mengajari Untuk Tekun

Untuk menguasai satu alat musik bukanlah hal yang mudah terlebih jika memulainya dari nol dan tanpa bimbingan orang yang telah ahli atau bisa. Namun berkat keinginan yang kuat dan ketekunan dalam berlatih, seseorang dapat menjadi mahir. Perlu latihan yang disiplin dan ketekunan untuk bisa memainkannya, sehingga dalam proses belajar itulah diri kita dilatih untuk tekun. Ini merupakan nilai positif yang didapat dari 10 fakta bermain musik yang harus anda ketahui.

Melatih Untuk Banyak mendengar

Salah satu pancaindera utama yang berperan penting dalam musik adalah telinga, hal ini membuat kita banyak belajar mendengar saat sedang bermain musik. Bagaimana membedakan nada, not dan lirik merupakan dari bagian dalam mendengarkan yang baik. Hal baik semacam ini akan terbawa dalam sikap kita saat berinteraksi dengan orang lain. Menjadi pendengar yang baik terkadang menjadi sesuatu yangs sangat dibutuhkan oleh orang disekitar kita.

Menghilangkan Stress

Seringkali saat kita suntuk atau sedang stress, setelah mendengarkan musik, perasaan dan pikiran seakan lebih tenang. Alunan jenis musik klasik dan instrumental biasanya paling ampuh membuat diri lebih rileks saat stress sedang melanda. Satu lagi dari 10 fakta bermain musik yang penting untuk kamu ketahui.

Meningkatkan Kreativitas

Orang-orang yang dekat dengan dunia musik adalah orang-orang yang memiliki kreativitas tinggi. Dimulai dari mempelajari alat musik kemudian bisa berkembang mencoba mengutak-atik nada dan menulis lagu. Semua itu merupakan bagian dari kreativitas yang tak dapat dipisahkan mengenai 10 fakta bermain musik.

Meningkatkan Daya Ingat

Untuk bisa memainkan musik secara benar, dengan berbagai not dan tangga lagu yang berbeda tentu perlu ingatan yang kuat dalam melakukannya, hal ini melatih daya ingat seseorang secara disadari atau tidak saat bermain musik.

Membangun Rasa Percaya Diri

Ada kebanggaan tersendiri saat seseorang bisa memainkan alat musik. Tak heran jika musik dapat membangun rasa percaya diri, terlebih saat harus tampil didepan umum.

Melatih Kepekaan

Saat seseorang tergabung dalam kelompok musik seperti band atau grup vocal, ada ikatan batin yang terjalin secara perlahan saat mereka berkumpul dan berlatih bersama-sama. Melalui musik, sensitifitas seseorang menjadi lebih terasah. Hal unik lainnya dari 10 fakta bermain musik.

Menghargai Waktu

Ketika harus latihan teratur atau les musik sesuai jadwal, mereka yang benar-benar ingin bisa dalam bermain alat musik akan menghargai setiap waktu untuk hal-hal yang dapat membuat mereka semakin mahir.

Demikian artikel tentang “10 Fakta Bermain Musik Yang Harus Anda Ketahui.” Terimakasih telah membaca hingga tuntas. Semoga bermanfaat.

Kata kunci pencarian:

dalam bermain alat musik kita harus, 
Share this article!

Comments

  1. risky cahayu says:

    bagus

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.