Efek Musik Mellow Disaat Galau Bagi Kejiwaan

KelasMusik.Com – Musik merupakan bagian dari kehidupan seseorang. Musik juga mnentukkan kepribadian seseorang, seperti aliran pop maupun aliran rock maupun metal. Namun yang terjadi saat ini adalah musik yang lebih mendayu-dayu yang mendukung keadaan sedih maupun pesimis. Efek musik mellow di saat galau atau saat mood down, dapat menimbulkan beberapa bahaya bagi kesehatan maupun psikis atau kejiwaan. Kebanyakan dari orang-orang yang sedang mengalami krisis hati seperti masalah keluarga atau masalah pada kehidupan sosial lebih sering mendengarkan lagu mellow daripada lagu yang mengobarkan semangat optimis. Padahal hal tersebut dapat mengganggu jaringan pada tubuh bahkan dapat menimbulkan resikon meninggal dunia. hanya dari sebuah lagu bisa menimbulkan efek sedahsyat itu? Nah di bawah ini merupakan efek musik mellow disaat galau dan penjelasan medis terhdapa kejiwaan dan fisik seseorang.

  1. Menimbulkan stress berkepanjangan

Ternyata dari sebuah lagu mellow, dapat menimbulkan stress. Itu dikarenakan pada musik mellow saat didengarkan dapat menaikkan hormone cortisol pada tubuh. Hormone cortisole ini merupakan hormone yang mengatur terjadinya stress pada tubuh, dan apabila terjadi peningkatan maka terjadi kematian pada sel-sel tubuh. Tentu ini merugikan bagi anda, dan pada saat itu anda mempunyai mental yang begitu lemah yang mendukung terjadinya peningkatan hormone cortisol. Ini juga berpengaruh terhadap Telomer yaitu bagian sel yang menunjukkan tua atau tidaknya pada sel. Jika pada penggunaan telomer boros, maka dipastikan anda cepat tua atau bahkan resiko meninggal dunia karena kehabisan Telomer.

  1. Kondisi galau dapat menular lewat Lagu Melow

Efek musik mellow disaat galau tidak hanya menimbulkan stress, ternyata sifatnya yang menular. Hal ini dikarenakan pada manusia terdapat perasaan yang membuat tersugesti saat ikut-ikut mendengar lagu mellow tersebut. Nah, jika hal itu terjadi maka, disaat bersamaan lagu mellow tersebut dapat mempengaruhi suasana hati seseorang. Yang awalnya tidak terjadi down pada mood, tiba-tiba dapat down saat mendengarkan lagu mellow dan memutar kembali peristiwa yang tidak menyenangkan di dalam otak anda. Di saat-saat ini seperti ini, anda perlu memberontak dan tidak ingin bersedih kembali. Putarlah lagu-lagu up beat yang membuat anda bersemangat, sehingga anda tidak terhanyut dalam kesedihan tersebut saat mendengarkan lagu mellow.

  1. Mempengaruhi psikologis seseorang

Tidak ada yang menyangka ternyata dari sebuah lagu mellow ketika didengarkan saat galau dapat mempengaruhi psikologis seseorang. Pada manusia terbagi atas alam sadar dan alam bawah sadar. Pada lagu mellow, kita sering menghafal lagu tersebut karena kondisi yang menyentuh hati dan cepat masuk ke alam bawah sadar. Dan alam bawah sadar ini sendiri menguasai seseorang sampai 80% dan alam sadar sebesar 20%. Tentu ini menjadi suatu kebiasaan yang berulang-ulang yang dapat terekam seseorang dengan cepat. Dengan mendengarkan lagu mellow saat galau, dapat mengurangi produksi hormone serotonin yang dapat membuat seseorang mudah depresi dan rapuh. Semangat hidup pun rendah dan menjerumuskan kita kepada kepribadian yang rapuh. Pada kondisi ini, emosional anda tidak teratur, dan hal ini perlu dihindari.

Efek musik mellow disaat galau tentu tidak ada gunanya bagi anda. Bukankah lebih baik mendengar lagu yang membuat semangat hidup dan optimisme yang dapat membuat hidup lebih tertantang? Lebih baik mendengarkan lagu bertempo cepat disaat hati sedang galau. Lagu mellow yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan anda, karena meratapi yang sudah tidak ada lagi dan mengingat kenangan yang tidak ada hubungannya lagi di masa depan.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.