Belajar Menciptakan Lagu Melalui Not Sederhana

KelasMusik.Com – Siapa yang tidak mengakui adanya musik yang juga berpengaruh dalam kehidupan? Sepertinya semua orang juga tahu bahwa musik adalah salah satu seni yang indah. Keindahan musik tercipta melalui unsur yang ada di dalamya. Mulai dari warna musik, notasi, lirik, aransemen musik hingga karakter musik yang ada. Jika unsur tersebut diciptakan dengan proporsi yang tepat akan tercipta karya yang hebat.

Dibalik sebuah karya hebat tentu ada pencipta yang handal. Bukan hal yang mudah untuk menciptakan lagu. Jika Anda ingin menciptkana lagu sendiri, Anda bisa belajar menciptakan lagu melalui not sederhana. Kegemaran menciptakan lagu akan membuat Anda merasa spesial karena menjadi pencipta karya dengan menggunakan hati nurani sendiri

Tahapan Mudah dalam Menciptakan Lagu

  1. Menentukan Tema Lagu

Nah, langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk bisa menciptakan lagu ialah dengan memikirkan tema yang hendak Anda buat. Beberapa tema sudah tersedia untuk Anda pilih diantaranya ialah persahabatan, percintaan, lingkungan, religi, patriotisme atau yang lain. Anda juga bisa membuat tema sesuai dengan keadaan yang sedang Anda alami.

 

Atau jika Anda ingin menyampaikan sebuah ungkapan, pesan, kesan atau kritik yang tidak bisa disebutkan dengan gamblang tentu Anda sangat bisa menyampaikannya melalui lagu.

 

  1. Membuat Lirik

Setelah Anda sudah memilih tema yang tepat, kini Anda sudah bisa memulai untuk memikirkan menyusun lirik yang sesuai. Beberapa orang memilih untuk membuat nada atau notasi terlebih dahulu baru kemudian membuat liriknya. Namun dalam belajar menciptakan lagu melalui not sederhana alangkah baiknya untuk membuat lirik terlebih dahulu kemudian lanjut membuat nada

 

Cara tersebut dinilai lebih mudah untuk seorang pemula. Kecuali jika Anda sudah mahir alam masalah penciptaan lagu, Anda sudah bisa menulis notasinya terlebih dahulu. Buatlah lirik sesuai dengan keadaan hati Anda tentunya juga harus sesuai dengan tema yang ingin disampaikan.

 

  1. Menentukan Genre Musik

Setelah lirik beres, Anda bisa menentukan genre musik yang sesuai dengan keinginan Anda. Apakah anda memilih untuk menciptakan lagu dengan genre jazz, Rock, Rnb, Dangdut, Atau blues? Tentu saja dari masing-masing genre memiliki ciri khas dan notasi nada yang berbeda. Namun, genre yang paling umum serta mudah bagi pemula adalah genre musik pop.

 

  1. Membuat Notasi

Setelah itu, Anda bisa lanjut ke tahap pembuatan nada atau notasi. Dalam pembuatan notasi, Anda bisa menggunakan not balok atau juga bisa not angka. Mungkin jika Anda lebih paham menggunakan not angka, belajar bisa mengguanakn not tersebut. Alat musik atau instrumen yang bisa Anda gunakan untuk membuat notasi banyak macamnya.

 

Alat musik yang umum digunakan dalam membuat notasi ialah piano atau keyboard dan gitar. Notasi ini sangat menentukan hasil lagu Anda. Meski liriknya sangat sederhana, jika notasi yang Anda ciptakan sangat bagus maka lagu yang dihasilkan juga akan indah. Pada intinya, notasi merupakan daya tarik tersendiri dar sebuah lagu yang diciptakan.

 

  1. Membuat Konsep Lagu

Setelah notasi jadi. Anda bisa membuat konsepnya. Misalnya Anda ingin membuat musik Anda dengan konsep orkestra atau konsep band atau juga bisa konsep akustik. Semuanya memiliki perbedaan dan teknis yang berbeda dalam memainkannya. Tetapi itu bukan kendala dalam bermain musik.

 

Belajar menciptakan lagu melalui not sederhana tentu sangat mudah bukan? Saat lagu sudah jadi tentu ada perasaan bangga yang tercipta di dalam diri.

 

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.