Belajar Teknik Biola Double Stop Mudah

Biola merupakan instrument gesek yang termasuk dalam keluarga string (Biola , Viola , Cello, Contrabass). Biasanya dalam instrument gesek ini sering dipakai dalam bermain melodi lagu, tapi terkadang hanya iringan.

Kebanyakan orang bermain biola hanya dengan satu senar saja (1 string). Padahal dalam biola pun bisa memainkan lebih dari satu senar dalam sekali gesekan. Salah satunya adalah teknik biola yang bernama double stop. Sesuai dengan namanya double , artinya ada 2 senar yang digesek secara bersamaan.

Misalnya senar A & E, senar D & A, dan senar G & D bisa dimainkan secara bersamaan. Tidak hanya senarnya saja , namun dapat dimainkan 2 suara secara berbeda.

Bagaimana cara melatih teknik double stop pada biola?

Berikut hal yang diperhatikan adalah ketika ingin menggesek 2 senar secara bersamaan :

1. Atur Sudut Bow

Pertama adalah dengan mengatur sudut bow agar mengenai kedua belah senar. Karena biasanya kita hanya menggesek salah satu senar dan tidak diperbolehkan mengenai senar lain, tapi dalam hal teknik double stop justru harus kena kedua senar.

Kemudian stabilkan sudut bow tersebut , jangan sampai terlalu naik dan turun. Jika terlalu naik dan turun maka hanya mengenai satu senar saja.

2. Gesek lebih ringan

Saat menggesek dua senar harus lebih ringan , karena senar lebih sensitif ketika menggesek dua senar. Jadi jangan ditekan ketika memainkan teknik double stop.

Latihan dasarnya dapat mengikuti video diatas dengan menggesek senar A& E, D&A, dan G&D (masing-masing 4 ketuk)

Selamat berlatih dan mencoba ­čÖé

Kelas Musik – karena musik bisa dipelajari

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.