Keragaman Alat Musik Meningkatkan Kreativitas Bermain Musik

KelasMusik.Com – Dibelahan dunia ini dengan banyaknya negara, bahasa, suku dan budaya tentu juga memiliki keragaman alat musik dan untuk musik yang memiliki keunikan dan daya tarik kepada masyarakat dunia.

Dari keragaman alat musik tentu juga banyak para musisi yang kreatif dalam memainkan alat musik tersebut sehingga menjadi suatu karya yang luar biasa. Karya musik yang memiliki kreativitas bermain musik tersebut tentu semakin membuat orang-orang akan lebih banyak menyukai musik tersebut.

Setiap keragaman alat musik memiliki unsur yang melekat dari suatu budaya sehingga memberi sentuhan dihati para pemain musik tersebut. Oleh sebab itu tidak jarang seorang musisi menguasai beberapa alat musik yang berbeda untuk menambah kecakapan mereka bermain musik. Dan dengan mereka menguasai banyak alat musik akan mendorong mereka lebih tertantang bagaimana menjadi seoarang musisi yang kreatif bermusik menciptakan karya-karya musik mereka.

Dengan keterampilan yang dimiliki oleh beberapa pemain musik atau musisi, tentu juga berlaku untuk cara memainkan alat musik. Selain dari kreatif bermain musik mereka juga mampu menciptakan suatu karya musik, namun para musisi memiliki cara yang berbeda saat memainkan alat musik tersebut.

Memainkan alat musik dengan cara yang unik berbeda cara yang biasanya dilakukan. Dan menciptakan suatu musik dengan kreatif memadukan dari beberapa alat musik sehingga jadilah suatu karya musik.

Ada beberapa alat musik yang dimainkan dengan cara yang berbeda memainkannya dan memadukan beberapa alat musik lainnya sehingga tercipatalah suatu harmoni musik yang inadah tetap enak untuk dinikmati oleh para pendengar musik tersebut.

  • Alat musik cello, bass dan biola

Alat musik dawai ini kita tahu bahwa biasanya dimainkan dengan cara digesek untuk mengeluarkan suatu bunyi yang lembut. Namun para musisi untuk menunjukkan kreativitas bermain musik mereka mencoba memainkan alat musik cello,bass dan biola dengan cara dipetik layaknya seperti sedang bermain alat musik gitar.

Walau dengan cara memainkan demikian alat musik tersebut tetap mengeluarkan bunyi yang merdu yang tetap asyik untuk dinikmati. Dengan paduan alat musik lainnya juga membuat instrument alat musik tersebut mencipttakan harmoni yang sangat indah dan merdu.

  • Musik keroncong

Bagi pecinta musik keroncong tentu sudah tidak asing lagi dengan alunan musik dari beberapa jenis alat musik yang dipadukan menjadi suatu musik. Musik keroncong menjadi salah satu musik yang banyak digemari kaum pemuda khususnya para musisimuda yang memiliki jiwa musisi yang tinggi.

Dalam musik keroncong mereka dapat mencurahkan kreativitas yang mereka miliki untuk dijadikan suatu karya yang unik, indah, menyentuh, dan memiliki suatu unsur yang khas yang berbeda dari genre musik lainnya.

Dan dalam musik keroncong menunjukkan suatu musik khas daerah yang melekat dari budaya Indonesia yang kental. Walaupun yang biasanya musik keroncong diiringi dengan alat musik dawai dengan perkembangan jaman dan semakin meningkat kreativitas bermain musik para musisi sekarang, maka musik keroncong semakin dikembangkan dengan paduan alat musik perkusi.

Hal tersebut menunjukkan bahwa musik tidak ada batasan untuk dijadikan suatu karya yang biasa saja. Tetapi dengan keragaman alat musik dan kreativitas bermain musik yang dimiliki oleh pemusiknya akan menjadi suatu musik yang dapat dirasakan dan dinikmati para pendengarnya dan dapat memberi perubahan yang luar biasa bagi setiap pencipta karya musik dan juga penikmat musik tersebut.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.