Makanan dan Minuman yang Baik untuk Menjaga Kualitas Suara Ketika Bernyanyi

KelasMusik.Com – Menjaga kualitas suara agar tetap merdu menjadi keharusan bagi orang yang berkarir melalui keterampilan suara. Sekalipun telah memiliki kualitas suara yang baik, mempertahankannya adalah hal yang wajib untuk dilakukan.

Agar kualitas suara tetap terjaga, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Mulai dari pola hidup yang sehat, hingga jenis makanan atau minuman yang harus dikonsumsi setiap hari. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang tengah mencari cara membuat suara menjadi indah.

Ada berbagai jenis makanan yang baik untuk seorang penyanyi, baik untuk menjaga keindahan suara maupun meningkatkan kualitas suara. Begitupun dengan minuman.

Di bawah ini 7 jenis makanan dan minuman yang baik untuk menjaga suara agar tetap merdu.

1. Buah melon

Salah satu buah yang baik untuk menjaga kualitas suara merdu adalah buah melon. Buah ini mengandung kadar air hingga mencapai 90%, yang berarti dapat menjaga tenggorokan tetap terhidrasi. Belum ditambah kandungan nutrisi lain yang cocok untuk mendukung performa suara ketika bernyanyi.

Jika Anda tidak menyukainya, Anda dapat membuat buah lemon menjadi jus atau mengkonsumsinya dengan tambahan jenis makanan pendamping.

2. Jus apel

Buah apel dikenal bisa menjaga hidrasi tenggorokan untuk jangka waktu yang relatif lama. Dengan membuat jus buah yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang akan tampil bernyanyi. Sebab kandungan air yang terdapat di dalamnya akan memberikan kelancaran pada rongga tenggorokan supaya dapat menjaga kualitas suara.

3. Buah lobak ekstrak gula Jawa

Nutrisi yang terdapat di dalam buah lobak dapat membantu proses pembentukan suara. Untuk membuat ramuan ini, cukup dengan memarut lobak hingga halus kemudian mencampurkannya dengan gula jawa serta air hingga merata secara menyeluruh. Setelah selesai Anda bisa langsung meminumnya.

4. Ramuan jeruk nipis

Sebagaimana yang kita tahu, jeruk nipis memiliki kegunaan yang sangat melimpah bagi kesehatan tubuh. Salah satunya dalam hal suara.

Ramuan dengan menggunakan jeruk nipis sangat mudah untuk dibuat. Anda cukup mencampurkan perasan jeruk nipis dengan kapur sirih, madu asli, dan garam secukupnya. Setelah ramuan tersebut jadi, Anda bisa langsung meminumnya.

5. Ramuan jahe

Selain jeruk nipis di atas, Anda juga bisa membuat ramuan dari jahe. Dengan menambahkan madu asli, cabe merah, dan kelapa parut secukupnya saja, Anda sudah dapat membuatnya dengan mudah. Cara meminumnya cukup dengan mengambil air perasan dari ramuan yang telah dibuat.

6. Teh herbal

Teh yang diminum dalam keadaan hangat akan membuat tenggorokan menjadi ikut hangat. Dalam kondisi ini pita suara Anda jadi lebih nyaman, bahkan untuk menyuarakan nada tinggi sekalipun.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menambahkan madu asli secukupnya. Karena madu memiliki nutrisi yang baik untuk menjaga kualitas suara agar senantiasa merdu.

7. Air putih

Para ahli kesehatan sepakat bahwa air putih sangat penting untuk menjagai kebugaran tubuh. Tak terkecuali dalam hal untuk menjaga kualitas suara. Agar suara yang Anda miliki senantiasa terjaga dengan baik. Maka setidaknya tubuh Anda harus memperoleh asupan air putih sebanyak 8 gelas per hari.

Selain mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman di atas, sebaiknya Anda juga harus mempertimbangkan agar menghindari makanan atau minuman yang berpotensi merusak suara.

Merokok atau alkohol adalah dua contoh jenis asupan yang harus dihindari. Tidak hanya merusak kualitas suara, melainkan juga dapat menurunkan produktivitas tubuh yang bisa berimbas ke melemahnya pita suara.

Demikian beberapa buah-buahan segar yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga suara anda. Semoga bermanfaat dan langsung dipraktekkan yaa.

Kata kunci pencarian:

makanan atau minuman yang bisa membuat suara tinggi, minuman baik untuk suara, 
Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.