Manfaat Bermain Musik

KelasMusik.Com – Musik merupakan salah satu media entertainment yang cukup menghibur. Musik mampu memberikan warna tersendiri untuk membuat seseorang larut di dalamnya. Musik mampu membangkitkan semangat seseorang atau bahkan membuat sedih, membuat bahagia atau pun kecewa. Manfaat musik secara positif ternyata dapat Anda rasakan secara langsung ketika mendengar sebuah musik. Berikut ini beberapa manfaat bermain musik secara positive yang dapat Anda rasakan secara langsung.

Media Hiburan dan Entertainmentbermain musik band samuel adinugraha

Semua pasti tahu bahwa salah satu manfaat musik adalah sebagai media hiburan dan entertainment. Musik sebagai media entertainment bisa dinikmati dalam bentuk yang bervareasi, seperti saat berkaraoke, bermain alat musik ( biola, gitar, piano), bernyanyi, mendengarkan musik, menonton video klip atau bahkan saat menonton suatu konser live. Menurut riset, musik 80% mampu mengubah mood seseorang, mengubah emosi secara signifikan hanya dalam 3 menit, mengontrol emosi, membuat relax bagi yang mendenagrkan, menurunkan tingkat stress, merasa tentram dan nyaman serta mampu teralun dalam isi lirik dan notasi lagu nya. Jelas sudah bahwa musik sebagai media hiburan memang memiliki peran yang sangat penting dalam memanjakan para penikmatnya.

Meningkatkan Kemampuan Otakbermain musik dan otak

Manfaat bermain musik juga bisa Anda rasakan pada otak Anda. Secara tidak langsung, musik mampu meningkatkan kemampuan otak. Itu sebabnya banyak sekali ibu- ibu hamil yang menggunakan headphone untuk didedakatkan di sekitar perutnya. Hal ini tentu ditujukan untuk memberikan rangsangan positif bagi sang jabang bayi melalui media musik. Di sisi lain, bermain musik ( bertindak sebagai pemain alat musik), mampu meningkatkan fungsi kognitif, ketajaman otak, daya ingat serta rasa rileks ( nyaman) bagi Anda. Musik juga mampu mengembangkan otak kanan ( imaginasi dan kreativitas ) serta melatih otak kiri ( logika dan rasional).

Melatih Kesabaran dan Kedisiplinanlatihan biola KelasMusik

Seperti yang kita ketahui bahwa bermain musik membutuhkan kesabaran yang tinggi dan kedisiplinan dalam berbagai hal seperti mengikuti ritme, tempo dan alunan musik. Dalam bernyanyi, Anda tentu membutuhkan kesabaran dan kedisiplinan dalam menyeimbangkan vokal Anda dengan background musiknya. Begitu pula jika Anda berkeinginan menjadi seorang musisi yang handal, perlu kerja keras dan bukan dengan cara instan. Misalnya, Anda dituntut untuk berlatih 2-3 kali seminggu selama 1 jam lebih. Hal ini jelas bahwa bermain musik memang membutuhkan keuletan, kesabaran dan kedisiplinan agar menjadi seseorang yang mahir.

Itulah sebagian kecil manfaat bermain musik, bermain musik adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Bersama Kelas Musik, kemampuan bermain musik dapat dilatih dengan cara belajar yang menyenangkan.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.