Manfaat Kursus Saxophone

Manfaat Kursus Saxophone

KelasMusik.Com – Siapa yang tak kenal dengan alat musik Saxophone?. Seperti yang kita ketahui saxophone merupakan jenis alat musik tiup yang umumnya digunakan dalam acara- acara besar seperti orchestra , konser musik, pagelaran dan lain sebagainya. Saxophone juga acap kali diperdengarkan pada iringan musik jazz dan swing. Alunan merdu yang khas dari suara saxophone membuat setiap orang yang mendengarnya akan selalu merasa nyaman dan tenang. Alat musik saxophone tak hanya mampu mengiringi jenis musik yang slow dan bernuansa sendu saja, musik dengan beat yang cepat juga bisa diiringi dengan alat musik tiup ini. Dilihat dari historinya, alat musik Saxophone ditemukan kurang lebih 160 tahun yang lalu oleh seorang musisi berdarah Belgia bernama Anoine Joseph dan pada tahun 1846 alat musik ini diresmikan dan dipatenkan untuk pertama kalinya.

Ilham Pamuji Saxophone KelasMusik
Belajar Saxophone, Apakah Sulit?
Tak ada jenis alat musik di dunia ini yang tak bisa dipelajari, khususnya alat musik Saxophone. Sama seperti mempelajari jenis alat musik lainnya, belajar alat musik Saxophone juga membutuhkan teknik- teknik dasar yang perlu Anda ketahui. Beberapa teknik belajar saxophone yang harus dikuasai diantaranya Embouchure, Tounguing, breathing (teknik pernapasan) dan lain sebagainya. Cukup mudah jika Anda benar- benar mau berlatih dalam memainkannya!

 
Pentingkah Kursus Saxophone Itu?
Salah satu kiat dalam membantu Anda berlatih memainkan saxophone adalah dengan mengikuti kursus saxophone. Manfaat kursus saxophone tentu sangatlah besar. Selain dididik oleh para tenaga pengajar yang profesional dan berbakat, Anda juga berkesempatan menjadi pemain Saxophone yang lihai. Kursus saxophone juga terbilang sangat efisien. Anda tak perlu berlatih secara ododidak yang sejatinya membutuhkan waktu yang tidak sedikit, bahkan jika Anda mengalami kesulitan dalam mempelajari teorinya, Anda tidak memiliki seseorang yang dapat membeikan solusi dan memecahkan masalah Anda jika cara belajar Anda dilakukan secara otodidak.

 
Kursus saxophone biasanya dilengkapi dengan sertifikat yang tentunya sangat membantu Anda dalam karir Anda di masa yang akan datang. Kursus saxophone biasanya bersifat formal course yang artinya setiap teori dan praktik yang diajarkan sesuai dengan kaidah yang berlaku dan dapat diperatanggung jawabkan. Dilihat dari segi efisiensi, belajar saxophone melalui kursus saxophone bisa dibilang sangat efisien. Jam berlatihnya terstruktur dan mayortitas kursus alat musik dapat disesuaikan dengan aktivitas kerja Anda. Bahkan beberapa dari mereka ada yang menawarkan course at home yang memungkinkan tenaga pengajarnya datang ke rumah Anda dan melatih Anda bermain saxophone secara pribadi.

 
Apa Saja yang Diajarkan dalam Sebuah Kursus Saxophone!
Teknik dasar hingga teknik profesional diajarkan dalam sebuah kursus saxophone. Teknik dasar yang diajarkan dalam kursus saxophone diantaranya embouchure, tounging dan breathing. Embouchure berasal dari bahasa Perancis yang berarti mulut sungai. Teknk ini mendeskripsikan formasi antara rahang, otot- otot sekitar mulut, rahang, gigi dan bibir. Hal ini tentu akan mempengaruhui kestabilan Anda dalam meniup Saxophone. Jika dilakukan dengan baik, teknik ini akan menghasilkan tone yang baik sehingga Anda mampu mengontrol setiap bunyi yang keluar. Teknik dasar lain yang tak kalah penting adalah tounge. Teknik ini direalisasikan dengan cara menyentuhkan ujung lidah dengan ujung reed, sambil mengucapkan kata “dah” sesaat ketika ujung lidah menyentuh ujung reed. Teknik breathing ( teknik pernapasan ) juga tak kalah penting. Teknik ini memungkinkan Anda mengontrol intensitas pernapasan selama memainkan alat musik Saxophone. Selain dalam bentuk teori, teknik – teknik tersebut juga diajarkan dalam bentuk praktik. Nah, setelah Anda tahu beberapa manfaat kursus saxophone di atas, apakah Anda berminat untuk bergabung dengan Les/ Kursus Saxophone Bandung di Kelas Musik?

 

Kata kunci pencarian:

belajar saxophone, cara memainkan saxophone, belajar saxophone otodidak, 
Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.