Mengenal Jenis Musik Populer Dan Alat Musik Yang Digunakan

KelasMusik.ComMusik  merupakan salah satu bagian dari kehidupan yang dapat berfungsi sebagai sarana hiburan dan diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Di dalamnya terdapat perpaduan antara nada dan suara sehingga menciptakan sebuah ritme, irama, melodi, tempo dan harmoni. Oleh karena itu, Anda harus mengenal jenis musik populer dan alat musik yang digunakan.

Di dunia ini terdapat berbagai macam aliran musik. Masing – masing aliran musik memiliki ciri khas khusus baik pada lirik, nada dan lainnya. Oleh karena itu, Anda dapat mengenal jenis musik lewat suaranya sehingga Anda dianjurkan juga untuk mengetahui jenis alat musik pada masing – masing jenis musik populer.

 

Mengenal Jenis Musik Populer Dan Alat Musik Yang Digunakan

Berikut ini adalah beberapa jenis musik populer yang dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi:

  1. Jazz

Jazz merupakan salah satu jenis musik yang berasal dari Amerika. Pada jenis aliran musik ini di dalamnya menggabungkan beragam alat musik sehingga memunculkan bunyi baru.

Alat musik yang di digunakan untuk jenis aliran musik ini antara lain adalah seksofon, trompet, trombon, gitar serta piano.

Beberapa tokoh yang menggeluti musik jazz antara lain adalah Louis Armstrong, Gill Evans, Bubi Chen, Indra Lesmana, Mus Mudjiono dan lain – lain.

  • Reggae

Jeis musik reggae banyak digemari oleh anak – anak remaja. Musik ini berasal dari Jamaica. Jenis musik ini telah ada sejak tahun 1960. Tokoh musik reggae yang terkenal antara lain adalah Bob Marley. Selain itu, pemusik reggae yang juga populer adalah Mbah Surip, Tony Q, Jimmy Cliff, Toots Hibbert dan lain – lain.

Alat musik yang sering digunakan dalam musik reggae antara lain adalah drum set, piano, gitar, gitar bass elektrik dan lain – lain.

  • Pop

Pop merupakan salah satu jenis musik populer modern yang banyak disukai oleh berbagai kalangan. Musik ini telah ada dan dibuat sejak tahun 1918. Adapun beberapa tokoh yang bergelut di dalam musik pop dan karyanya telah banyak dikenal oleh masyarakat antara lain adalah Michael Jakson, Koes Plus dan lain – lain.

Alat yang digunakan untuk melakukan pertunjukan musik pop antara lain adalah gitar, piano, biola, harmonika, bass, drum, terompet, bariton, kibor, sitar dan lain – lain.

  • Musik Rock

Musik rok berasal dari Amerika Serikat yang berdiri sejak tahun 1940 an dan mengalami kejayaan pada tahun 1950 an. Beberapa penganut aliran musik rock yang telah populer antara lain adalah Kurt Cobain, The Beatles, Slank, The Rollies dan lain – lain.

Alat musik yang digunakan untuk memainkan jenis aliran musik rock ini antara lain adalah gitar listrik, gitar bass, synthesizer dan drum set.

  • RnB

Rhythym and Blues atau yang populer dengan nama RnB ini merupakan salah satu jenis musik yang di dalamnya terdapat kombinasi atau perpaduan dari beberapa jenis musik seperti jazz, blues, gospel dan pop.

RnB berasal dari Afrika yang berdiri sejak tahun 1940 an. Beberapa penyanyi yang terkenal menyanyikan jenis aliran musik RnB antara lain adalah Beyonce, Mariah Carey, John Legend dan lain – lain.

Mengenal jenis musik populer dan alat musik yang digunakan sangat penting untuk diketahui. Alat musik yang digunakan untuk memainkan aliran musik RnB antara lain adalah drum, kit, bass guitar, saxophone, trompet, gitar elektrik, organ dan lain – lain.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.