Perbedaan Mouthpiece Dark dan Mouthpiece Bright Alto Saxophone

KelasMusik.ComSaxophone meruapakan salah satu alat musik tiup yang banyak digemari baik itu dari kalangan muda dan kaum dewasa di jaman sekarang yangmana lebih mudah menampilkan bakat musik tersebut tanpa harus tampil di atas panggung.

Alat musik saxophone memiliki bagian-bagian yang penting diketahui dan dipelajari bagaimana menggunakannya. Sama halnya dengan alat musik lainnya misalkan biola. Bagian alat musik biola adalah bow (digesek) untuk menghasilkan suara. Nah begitu juga dengan alat musik tiup saxophone ada mouthpiece yang harus ditiup untuk mengeluarkan suara.

Untuk mouthpiece bahannya bermacam-macam yaa. Ada bahan  acrylic, ebonit dan metal juga. Nah untuk pembahasan kali ini adalah mouthpiece alto saxophone bahan metal warna gold. 

Buat kalian yang baru pemula belajar alat musik saxophone mungkin merasa bingung membedakan antara mouthpiece dark dan mothpiece bright khususnya pada alto saxophone. Untuk itu mari kita bahas berikut ini perbedaannya.

  1. Perbedaan mouthpiece dark dan hight dari bentuk

Untuk mouthpiece low baffle disebut dark dan mouthpiece hight baffle disebut briht. Perbedaan mouthpiece low baffle dan hight baffle mouthpiece adalah kalau mouthpiece low baffle bentuk bagian lobang si mouthpiecenya lobangnya agak melengkung masuk ke dalam dan akan menghasilkan suara dark atau bisa disebut lebih berat. Tentu juga dengan menggunakan reed saxophone supaya menghasilkan suara.

Dan pada mouthpiece ini suara yang ditiup akan langsung masuk dari bagian lobang mouthpiece kemudian ke badan saxophone tersebut.

Sedangkan mouthpiece hight baffle bentuk permukaannya lurus kemudian ada lobang setelah dibagian tengahnya. Jadi seperti ada jeda dulu kemudian tengahnya ada lobang. Dan pada saat suara ditiup anginnya masih ketahan kemudian masuk kedalam lobang si mouthpiecenya jadi suaranya bisa lebih megah.

Jadi dari bentuk rogga dan chamber dari mouthpiece dark dan mouthpiece bright tentu berbeda.

  1. Bahan mouthpiece dark dan light

Perbedaan suara dari mouthpiece dark atau bright untuk bahannya sama saja. Boleh memakai yang ebonit atau metal. Walau dari segi kualitas tentu berbeda bahan metal. namun yang lebih berperan kepada perbedaan warna suara yang dikeluarkan adalah bentuk dan dimensi rogga di dalam atau chamber nya.

Tapi jangan salah reed juga berpengaruh penting untuk tone suara yang dikeluarkan nantinya. Antara mouthpiece dan reed adalah satu paket. Tanpa reed tentu mouthpiece tidak bunyi harus ada kombinasi antara mouthpiece dan reed.

Jadi buat teman-teman yang mau membeli alat mouthpiece dark dan mouthpiece bright jangan bingung, untuk bentuk atau bahan nya tentu berbeda ya.

  1. Mendingan Mouthpiece dark atau bright

Nah untuk pilihan kedua mouthpiece ini kamu bisa sesuaikan dengan genre musik yang akan kamu mainkan. Namun sesuai selera massing-masing. Untuk kedua jenis mouthpiece ini tidak begitu terlalu mencolok perbedaannya.

Keduanya tetap bagus dan enak didengarkan. Untuk itu mouthpiece ini cukup memberi penampilan bermain musik kamu lebih menarik.

Namun dalam hal ini penting diketahui bahwa skill bermain alat musik itu sangat penting. Asah terus skill kamu bermain saxophone supaya bisa memberi penampilan lebih mantap.

 

 

 

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.