Cara Merawat Gitar Agar Suara Tidak Mudah Fals

KelasMusik.Com –  Sebagai salah satu alat musik yang familiar di kalangan masyarakat, gitar seringkali menjadi instrumen yang wajib dimiliki oleh para pecinta musik. Sayangnya dari sekian banyak pemilik gitar tidak sedikit yang mengeluh akibat muncul suara fals ketika bermain.

Hal ini disebabkan karena adanya beberapa faktor, dimana salah satunya diakibatkan oleh perawatan yang salah. Untuk mencegahnya berikut ini 6 cara merawat gitar yang dapat Anda lakukan agar suaranya tidak mudah fals.

  1. Menghindari body gitar dari benturan

Body gitar sangat rentan terhadap kebocoran akibat lubang. Sementara lubang dapat mempengaruhi kondisi ruang udara yang menyebabkan resonansi suara oleh getaran senar dapat berubah. Secara umum, lubang pada body gitar disebabkan karena benturan atau kontak benda lain. Untuk merawatnya, Anda cukup meminimalisir terjadinya benturan keras antara body gitar dengan benda fisik.

  1. Rutin membersihkan senar gitar

Setelah memainkan gitar dalam waktu yang lama, biasanya senar akan penuh dengan keringat jari serta debu yang menempel. Jika Anda tidak segera membersihkannya setelah pemakaian, kotoran ini mampu menurunkan kualitas suara untuk jangka waktu yang panjang. Bahkan kotoran yang berlebihan dapat memperpendek usia pemakaian ideal senar, jika tetap dipaksakan untuk dimainkan maka suaranya akan terdengar fals.

  1. Mengganti senar secara berkala

Senar gitar memiliki jangka waktu penggunaan yang terbatas. Semakin lama tempo pemakaiannya maka kualitas suaranya akan semakin menurun. Waktu ideal untuk mengganti senar gitar adalah ketika suaranya mulai terdengar cempreng atau ngebas dan sulit distem. Penggantian senar harus dilakukan satu set sekaligus agar hasil suara tidak fals saat dimainkan.

  1. Bersihkan fretboard setelah digunakan

Fret merupakan area gitar yang kerap tersentuh oleh jari-jari tangan. Sehingga tidak menutup kemungkinan area ini menyimpan banyak kotoran yang menempel. Jika tidak dibersihkan dalam waktu yang lama maka kotoran ini dapat mempengaruhi ketepatan fungsi dari fret itu sendiri. Kotoran yang dibiarkan dapat mengganjal senar ketika ditekan untuk memainkan kunci tertentu, akibatnya suara yang dihasilkan menjadi fals.

  1. Kendorkan senar jika lama tidak dipakai

Jika anda ingin menyimpan gitar untuk waktu yang lama sebaiknya kendorkan semua senar yang terpasang. Memang tidak terlalu mempengaruhi kualitas senar itu sendiri, namun menyimpan gitar dengan kondisi senar yang kencang dapat menyebabkan leher gitar menjadi relatif bengkok. Sehingga ketika dimainkan kembali gitar akan mengeluarkan suara yang cenderung berbeda.

  1. Menyimpan gitar di dalam tas

Ada banyak kelebihan yang bisa diperoleh jika kita menyimpan gitar menggunakan tas atau semacamnya. Jika Anda ingin menyimpan gitar untuk waktu yang lama, tentu sangat direkomendasikan agar memakai tas khusus untuk menyimpannya. Penggunaan tempat tertutup dapat melindungi gitar dari berbagai gangguan fisik yang berpotensi merusaknya.

Demikian cara merawat gitar yang baik untuk mencegah suara agar tidak mudah fals. Perawatan di atas secara umum dilakukan untuk jenis gitar akustik. Jika gitar yang Anda miliki merupakan gitar listrik atau jenis lainnya tentu dalam perawatannya harus lebih intensif.

Baca juga :

Cara Merawat Gitar versi lain

Penyebab Gitar Fals dan Solusinya

Stem Gitar Mudah

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.