Cara Menjaga Kualitas Vokal Agar Tetap Merdu

KelasMusik.Com – Memiliki suara merdu tentu menjadi kebanggaan setiap orang, terutama bagi Anda yang berkarir sebagai musisi. Dengan kualitas suara yang merdu membuat Anda lebih leluasa ketika menjadi vokalis.

Sayangnya, hal tersebut justru seringkali menuai rasa khawatir akan terjadinya penurunan kualitas vokal yang membuat suara jadi fals. Oleh karenanya Anda harus mampu menjaga vokal agar tetap merdu.


Cara menjaga kualitas vokal
Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika tidak ingin kualitas vokal Anda menurun.


1. Tetap berlatih secara berkala
Cara menjaga kualitas vokal yang pertama adalah dengan berlatih meskipun sedang tidak memiliki rencana untuk tampil. Latihan ini ditujukan agar pita suara tidak mengalami kekakuan.

Sebab jika pita suara Anda dibiarkan kaku untuk waktu yang relatif lama, maka secara perlahan kualitas suara akan menurun. Selain itu, rutin berlatih juga bagus untuk meningkatkan kemampuanmu dalam bernyanyi.


2. Cukupi kebutuhan hidrasi tubuh
Kondisi dehidrasi sangat berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan. Untuk itu sangat perlu bagi Anda agar selalu menjaga kadar hidrasi di dalam tubuh.

Cairan sendiri sangat penting untuk menjaga kualitas suara. Keberadaan cairan ini untuk menjadi pelumas getaran yang begitu cepat ketika suara keluar. Minumlah air setidaknya 8 gelas setiap hari. Buah-buahan yang mengandung kadar air tinggi juga penting, seperti semangka dan apel.


3. Mengurangi atau mencegah rokok
Merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru, tentu saja hal ini akan berdampak pada kualitas vokal yang Anda miliki. Bahkan meskipun Anda menjadi perokok pasif, Anda tetap memiliki resiko iritasi pada pita suara.

Kurangilah intensitas merokok jika Anda sudah terlanjur menjadi seorang perokok aktif. Secara perlahan Anda dapat berusaha untuk membatasi diri terhadap kecanduan rokok kemudian menghentikannya.


4. Tidak meminum minuman alkohol
Selain rokok, minuman beralkohol juga membahayakan kesehatan pita suara. Cegahlah kebiasaan buruk ini untuk memastikan suara vokal Anda terjaga dalam jangka waktu yang panjang.

Hindari penggunaan obat kumur atau sejenisnya, karena produk-produk semacam ini sering mengandung zat berbau alkohol. Meskipun kadar alkoholnya tidak terlalu tinggi, namun tetap saja memiliki resiko apabila Anda minum secara terus-menerus.


5. Jangan membuang-buang suara
Mengendalikan suara juga menjadi salah satu cara menjaga vokal agar tetap merdu. Turunkan tekanan suara ketika berbicara dan jangan sampai suara menjadi habis yang ditandai gejala serak dan kering.

Selain itu hindari pula kebiasaan berteriak yang sedikit memaksa meskipun sedang berlatih, sebab hal ini yang justru akan mempercepat keringnya tenggorokan.


6. Menjaga pola hidup sehat
Menerapkan pola hidup sehat bisa dimulai dengan selalu mengkonsumsi makanan atau minuman yang bergizi. Keseimbangan nutrisi juga penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Beberapa jenis makanan yang baik untuk suara bisa Anda peroleh dari sayur atau buah-buahan yang kaya akan serat dan mineral.
Selain makanan, olahraga secara rutin juga menjadi bagian dari pola hidup yang sehat.

Untuk menambah kapasitas tubuh agar tetap fit, olahraga bisa dilakukan minimal pemanasan di waktu pagi hari. Selain bagus untuk kondisi tubuhmu, olahraga juga bisa menjaga kualitas suara.


7. Menjaga tenggorokan selalu rileks
Dalam keadaan apapun, usahakan otot-otot pada tenggorokan Anda selalu dalam keadaan yang rileks dan nyaman. Tujuannya agar pita suara tetap terjaga walaupun Anda sedang tidak terlalu memerlukannya seperti ketika bernyanyi.

Jangan pernah membuang dahak jika tenggorokan terasa ganjal, cukup dengan meneguk air secukupnya untuk membersihkan kotoran yang ada.


Demikian 7 cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat kualitas suara senantiasa terjaga. Olah vokal sangat penting dalam dunia karir khususnya di bidang musik, untuk itu Anda harus selalu menjaganya agar kualitasnya tidak menurun dan selalu merdu ketika didengar.

tips vokal – makanan dan minuman yang baik / buruk untuk bernyanyi
Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.