Cara Menyetem Gitar Mudah Tanpa Aplikasi

KelasMusik.Com – Cara melakukan penyeteman gitar bisa dilakukan secara manual maupun menggunakan alat bantu seperti aplikasi. Kebanyakan orang memilih menggunakan bantuan aplikasi karena lebih efisien serta mampu memberikan hasil suara yang lebih akurat.

Namun tidak sedikit di antaranya yang lebih memilih cara manual dalam melakukan penyeteman gitar karena bisa memberikan hasil suara sesuai keinginannya sendiri.

Bagi Anda yang ingin melakukan penyeteman senar pada gitar, berikut ini panduan yang bisa Anda terapkan. Namun sebelum itu pastikan senar dan gitar Anda dalam keadaan baik serta belum usang agar hasil suara yang dihasilkan maksimal.

Cara stem gitar secara manual tanpa aplikasi

Pertamaa kali cara stem gitar yang benar adalah Anda harus mengetahui bagian-bagian dari senar itu sendiri. Sebab penyeteman dilakukan secara berurutan dari senar 1 hingga senar 6.

  1. Penyeteman senar 1

Adapun langkah pertama yang dilakukan yaitu mengencangkan senar 1 atau nada E tinggi. Untuk menyetem suara agar pas sesuai kuncinya, Anda bisa menyamakan senar 1 tersebut pada gitar normal.

Pastikan hasil suaranya sama persis dengan petikan gitar normal yang menjadi acuan.

  1. Penyeteman senar 2

Setelah senar 1 berhasil distem langkah selanjutnya yaitu mengatur suara senar ke-2. Jika penyeteman senar dilakukan dengan mengacu pada gitar normal, untuk senar ke-2 ini Anda hanya perlu mengacu pada suara senar 1.

Caranya cukup dengan menekan senar 2 di fret ke-5 kemudian memetiknya. Dengarkan suara hasil petikan tersebut dan atur hingga nadanya mirip dengan suara senar 1 ketika dipetik tanpa ditekan.

  1. Penyeteman senar 3

Cara stem gitar manual ketiga yaitu mengatur suara senar ke-3 dengan cara memetiknya sembari menekan senar di posisi fret ke-5. Ingatlah karakteristik irama atau nada suara yang terdengar, kemudian bandingkan suara tersebut dengan nada senar ke-2 ketika dipetik tanpa dilakukan penekanan.

Jika tidak menunjukkan ciri khas suara yang sama itu berarti Anda harus mengaturnya sampai suara yang dihasilkan memiliki kemiripan.

  1. Penyeteman senar 4

Sama seperti metode penyeteman senar-senar sebelumnya, pada senar ke-4 penekanan dilakukan di bagian fret ke-5.

Jika ketika dipetik menghasilkan suara yang mirip dengan petikan senar ke-3 yang dilakukan tanpa penekanan, maka penyetelan sudah benar dan berhasil.

  1. Penyeteman senar 5

Samakan hasil suara petikan senar ke-5 di fret ke-5 dengan sila ke-4 tanpa dilakukan penekanan apapun. Jika masih terdengar sumbang putar tuner untuk senar ke-5 hingga suaranya menyerupai senar ke-4.

  1. Penyeteman senar 6

Untuk langkah terakhir ini hanya mengikuti metode sebelumnya, karena punyeteman senar dari 2 – 6 memiliki metode yang sama. Pastikan Anda menyeting tuner senar ke-6 jika hasil suara ketikan ketika ditekan flat ke-5 berbeda dengan hasil suara petikan senar ke-5 tanpa penekanan.

Penyeteman senar gitar secara manual hanya bisa dilakukan secara berurutan sebagaimana metode diatas. Adapun urutannya mulai dari senar 1 di bagian bawah hingga 6 di bagian atas.

Hal yang perlu diperhatikan sebagai langkah penyeteman gitar manual adalah kepekaan telinga dalam mendengar serta menyamakan senar tertentu dengan senar diatasnya ketika ditekan pada fret ke-5.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan penyeteman suara senar gitar tidak sesuai dengan kunci aslinya. Dua diantara faktor tersebut yang pertama adalah kesalahan dalam penyeteman senar ke-1 yang menyebabkan senar ke-2 hingga seterusnya mengalami ketidaktepatan nada.

Adapun faktor kedua yaitu kurangnya kejelian dalam mengatur tuner sehingga nada tidak sesuai ekspektasi ketika distem.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.