Tips Belajar Musik Bagi Yang Tidak Mengerti Baca Not

KelasMusik.Com – Belajar musik merupakan salah satu hal yang tidak bisa dianggap mudah, terlebih ketika Anda harus menguasai beberapa macam not seperti not balok ataupun not angka, terlebih bagi Anda yang tidak begitu paham mengenai not. Oleh sebab itu, berikut ialah beberapa tips belajar musik bagi yang tidak mengerti baca not.

  1. Tekad yang kuat dan niat

Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu memiliki niat dan juga tekad yang kuat. Hal ini tentunya juga akan sangat mendukung untuk latihan belajar musik kedepannya. Tanamkan niat yang kuat dalam diri anda sendiri.

Anda bisa membuat kata-kata atau motivasi penyemangat yang bisa anda lihat sehingga menambah semangat anda untuk belajar.  Karena ini merupakan poin penting ketika anda sedang belajar. Ketika sudah memiliki tekad yang kuat maka untuk mulai belajar bernyanyi akan lebih mudah lagi. Karena semangat tersebut berasal dari hati anda.

  1. Menggunakan bantuan alat pitch pipe tuner

Yang selanjutnya yaitu anda bisa membeli alat bernama pitch pipe tuner. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu sebenarnya pitch pipe tuner, alat ini merupakan alat musik sederhana yang bisa menunjukkan beberapa not dengan cara meniup alat tersebut. Alat ini umumnya berbentuk lingkaran dan untuk notasi-notasi huruf disusun berputar disusun mengelilinginya.

Namun jika anda tidak bisa membeli alat tersebut ada langkah yang lebih mudah untuk dilakukan, yaitu dengan cara mendownload aplikasi  pitch pipe tuner di playstore atau sejenisnya. Itu akan menjadi lebih mudah dan meminimalisirkan adanya pengeluaran biaya.

Dengan cara cara belajar menggunakan alat ataupun aplikasi ini, anda akan lebih mudah mengerti bagaimana nada dasar dan juga nada yang akan dikeluarkan oleh vokal kita.

  1. Latihan dasar menyanyikan lagu anak-anak

Yang selanjutnya yaitu dengan cara berlatih menyanyikan lagu anak-anak. Kenapa bisa demikian? Karena lagu anak-anak ini merupakan lagu yang dapat dengan mudah dinyanyikan.

Sehingga menggunakan lagu anak-anak ini bisa menjadi salah satu media untuk berlatih menyanyi. Contohnya yaitu Anda bisa mencoba untuk menyanyikan lagu Naik-Naik ke Puncak Gunung, Pelangi-pelangi, Bintang Kecil, Topi Saya Bundar, dan juga lagu anak-anak yang lainnya.

Anda bisa mendengarkan lagu-lagu tersebut kemudian mencoba menyamakan lagu yang Anda putar dengan nada yang akan anda ucapkan tersebut. Jika 1 kalimat sudah anda kuasai, maka anda bisa mencoba ke kalimat yang selanjutnya.

Jika sudah selesai sampai kalimat yang terakhir Anda bisa mencoba dari awal hingga akhir kalimat dari lagu tersebut. Tetapi menggunakan media menyanyikan lagu anak-anak ini merupakan salah satu tips belajar musik bagi  yang tidak mengerti baca not.

  1. Coba untuk merekam suara Anda

Tips yang terakhir yaitu dengan cara merekam suara. Anda bisa mencoba merekam suara anda ketika anda bernyanyi dengan berbagai cara, salah satunya yaitu menggunakan smartphone. Menggunakan smartphone Ini bisa dengan mudah dilakukan melalui alat perekam suara. Anda bisa mengkoreksi sendiri apa yang sekiranya vokal atau lagu Anda yang masih kurang tepat. Review dengan baik lagu yang sudah anda nyanyikan tersebut dan anda bisa mencobanya lagi jika dirasa kurang tepat.

Itulah beberapa tips belajar musik bagi yang tidak mengerti baca not. Tanpa niat dan tekad yang kuat maka anda akan kesulitan untuk dapat bertahan pada latihan anda titik sehingga pastikan bahwa anda memiliki semangat dan keinginan yang kuat untuk terus belajar. Sehingga belajar tidak akan terasa membosankan.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.