11 Manfaat Bernyanyi Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

KelasMusik.Com - Siapa sih yang tidak suka bernyanyi? Hampir tiap orang pasti pernah melakukannya, ada yang karena memang hobi ataupun sekedar iseng. Apapun alasannya, ternyata kegiatan tersebut memiliki dampak positif, terutama bagi kesehatan. Tidak percaya?! Coba deh simak ulasan beberapa manfaat bernyanyi bagi kesehatan berikut ini.

Meningkatkan Suplai Oksigen

Tanpa disadari, ketika seseorang bernyanyi, ia sebenarnya sedang meningkatkan suplai oksigen dalam darah dan hal ini berdampak baik salah satunya bagi otak sehingga kemampuannya juga ikut meningkat karena adanya jumlah oksigen yang masuk ke dalam otak.

Menguatkan Otot Jantung

Seorang penyanyi biasanya harus berlatih bagaimana bernafas dengan berbagai teknik untuk menunjang kualitas suaranya saat bernyanyi. Hal ini turut berpengaruh pada menguatnya otot jantung. Bukankah saat bernafas, jantung menjadi bekerja?jadi tak heran jika pengaturan nafas saat bernyanyi turut berpengaruh terhadap kerja jantung.

Mengurangi Potensi Timbulnya Penyakit

Jangan anggap remeh kegiatan melatih vokal karena ini tidak hanya dapat membuat suara menjadi bagus dan meningkatkan skill bernyanyi tetapi juga dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya beberapa penyakit seperti batuk, bronkitis dan asma.

Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Manfaat bernyanyi bagi kesehatan lainnya adalah mampu meningkatkan sistem imun sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Hal ini terjadi oleh karena saat bernyanyi, tubuh akan mengeluarkan kelenjar yang berfungsi sebagai pertahanan atau antibodi.

Mengurangi Stress

Jika seseorang merasa stress, seringkali mereka akan melakukan kegiatan yang ia senangi misalnya dengan mendengarkan musik atau lagu favorit. Cara ini memang terbukti ampuh untuk mengurangi stress. Alunan musik atau lagu yang menenangkan akan membuat jiwa dan pikiran menjadi lebih rileks. Saat mendengarkan lagu, cobalah untuk ikut bersenandung.

Membuat Bahagia

Menjadikan bernyanyi sebagai hobi tentu akan mendapatkan manfaat bernyanyi bagi kesehatan secara double. Bagaimana tidak?! Saat bernyanyi, pikiran akan menjadi lebih santai dan karena melakukan hal yang disukai, maka secara otomatis tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang berfungsi untuk memunculkan perasaan senang atau bahagia.

Membuat Postur Tubuh Lebih Baik

Saat berlatih vokal, biasanya posisi tubuh harus tegak agar pernafasan lancar dan performa saat bernyanyi enak dilihat. Kebiasaan ini jika dilakukan secara rutin, akan membuat postur tubuh menjadi baik, yang biasanya agak bungkuk akan kembali tegak.

Menurunkan Tekanan Darah

Efek menenangkan karena bernyanyi dapat menurunkan darah tinggi, namun perlu diperhatikan dalam memilih lagu yang pas. Sebaiknya nyanyikan lagu-lagu yang bernuansa religi atau yang mengandung lirik perdamaian.

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Pernahkah mendengar tentang kebiasaan ibu hamil mendengarkan musik klasik pada janin dalam kandungan? Musik memang disinyalir dapat meningkatkan kemampuan IQ. Sama halnya ketika seseorang bernyanyi, maka kemampuan otaknya akan berkembang dan meningkat. Pada beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa mereka yang disebut dengan musisi, memiliki IQ yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak dekat dengan dunia musik.

Memperbaiki Kemampuan Menelan

Olah vokal yang dilakukan secara rutin ternyata berdampak pada kemampuan menelan saat makan, hal ini karena ketika bernyanyi, bagian mulut dan tenggorokan mengalami pergerakan sehingga menjadi lebih luwes.

Membuat Awet Muda

Manfaat bernyanyi bagi kesehatan yang terakhir adalah membuat awet muda. Bagaimana bisa?! Tahukah anda, jika saat bernyanyi, otot-otot wajah tertarik dan bergerak. Hal ini membuat wajah menjadi lebih elastis dan kencang sehingga tidak cepat keriput.

 

Kata kunci pencarian:

Manfaat menyanyi, manfaat bernyanyi, manfaat nyanyi, manfaat menyanyi untuk wajah, apa manfaat bernyanyi, manfaat menyanyi bagi kesehatan, apa manfaat dari bernyanyi, Manfaat dari bernyanyi, manfaat menya, manfaat menyayi, 
Share this article!

Speak Your Mind

*