Tips Belajar Vocal untuk Pemula Secara Otodidak

KelasMusik.Com – Dalam dunia tarik suara ada beberapa hal yang wajib dilakukan untuk mendapatkan suara indah, merdu dan powerful. Oleh sebab itu dibutuhkan teknik belajar vocal yang baik. Berbekal teknik-teknik dasar belajar vocal maka lama kelamaan kemampuan mengolah vocal dapat terasah sehingga suara yang ‘bulat’ bisa dimiliki.

Ketika sedang bernyanyi seseorang harus mengetahui tinggi rendahnya nada sehingga tercipta keselarasan antara nada dan suara. Untuk melatih vocal sekaligus membentuk karakter vocal terlebih dulu harus menguasai teknik pernafasan yang baik. Disamping itu dengan latihan vocal membuat sesorang juga lebih peka dengan jenis nada-nada rendah maupun nada-nada tinggi terutama jika diiringi dengan alat musik. Belajar vocal juga bermanfaat untuk melatih intonasi serta keselarasan suara, sehingga tercipta harmonisasi antara nada, suara, dan alat musik yang mengiringi.

Bagi yang ingin belajar vocal secara otodidak, berikut tips belajar vocal untuk pemula yang harus diperhatikan.

Belajar Vocal dengan Teknik Pernafasan

Teknik pernafasan adalah bagian terpenting dari beberapa tips belajar vocal untuk pemula. Untuk melatih pernafasan mulailah dengan menghirup udara dalam-dalam, tahan hingga 3-10 detik kemudian hembuskan sedikit demi sedikit. Intinya ambil nafas sebanyak dan secepat mungkin lalu keluarkan perlahan-lahan dengan waktu se-lama mungkin. Teknik pernafasan sendiri dibagi menjadi 3 jenis yaitu: pernafasan dada, pernafasan perut, dan pernafasan diafragma.

Untuk belajar vocal yang baik biasanya menggunakan teknik pernafasan perut dan pernafasan diafragma. Teknik pernafasan perut berguna untuk melatih organ pernafasan pada organ tubuh bagian belakang, sementara pernafasan diafragma sangat efektif untuk mengolah nada atau suara yang panjang dan melengking. Kedua teknik pernafasan ini harus dilatih terus-menerus sehingga baik nada-nada rendah maupun nada-nada tinggi bisa diolah dengan baik.

Pengucapan kata yang Baik dan Benar (Artikulasi)

Tips belajar vocal untuk pemula tidak hanya fokus pada teknik pernafasan saja namun melatih pengucapan kata (artikulasi) yang baik dan benar juga penting untuk dipelajari. Mulailah dengan latihan mengucapkan kata yang mudah dibaca dengan jelas lalu lanjutkan dengan kata-kata yang rumit. Ucapkan dengan kecepatan rendah, sedang, hingga kecepatan tinggi. Hal ini penting supaya tidak terjadi kesalahan artikulasi ketika menyanyikan lagu, baik lagu dengan tempo cepat atau lambat.

Melatih Kekuatan Suara

Melatih kekuatan suara ada hubungannya dengan teknik pernafasan. Intinya jika pernafasan sudah bagus dan benar maka kekuatan suara yang maksimal mudah dilakukan. Yang harus diingat, kekuatan suara bukan berasal dari teriakan yang keras namun dari suara yang jelas dan terdengar jernih. Cara melatih kekuatan suara secara sederhana namun efektif yaitu dengan meniup lilin dari jarak sekitar 1,5 meter sampai padam. Cara ini harus dilakukan sekurang-kurangnya 20-30 kali sehari hingga suara yang powerful dapat dikuasai.

Pemanasan

Sebelum melakukan beberapa tips belajar vocal untuk pemula diatas ada baiknya diawali dengan pemanasan standar. Caranya dengan menggerakkan anggota badan mulai dari kepala hingga ujung kaki. Pemanasan ini selain berguna untuk menjaga kondisi tubuh juga mampu membuat tubuh lebih lentur. Pemanasan berikutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan  berolahraga ringan.

Suara akan mengalami masalah apabila tubuh tidak sehat, jadi tips belajar vocal untuk pemula diatas harus dilakukan secara teratur untuk hasil yang optimal. Disamping itu juga harus dibarengi dengan istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan sehat. Untuk hasil yang lebih cepat kurangi makanan dan minuman seperti es, gorengan, junk food, atau segala macam makanan berlemak. Ingat belajar vocal butuh kerja keras dan kesabaran jadi hasilnya tidak bisa terlihat secara instant.

Kelas Musik Bandung

Bagi pemula, belajar vocal secara otodidak mungkin agak sulit mengingat setiap orang memiliki skill berbeda-beda. Untuk belajar vocal secara cepat solusi paling tepat hanya di Kelas Musik Bandung. Kelas Musik Bandung memiliki banyak tenaga ahli di bidang musik yang akan membimbing kamu menjadi penyanyi profesional bersuara merdu. Tak hanya belajar teknik vocal tapi disini kamu bisa melatih bakat bermain musik mencakup semua alat musik. Pada prinsipnya Kelas Musik Bandung merupakan media paling tepat untuk latihan vocal dan alat musik sesuai bakat dan minat kamu. Klik www.kelasmusik.com sekarang juga dan mulailah bergabung dengan kami.

Kata kunci pencarian:

cara melatih vokal otodidak, belajar nyanyi, cara belajar menyanyi otodidak, cara mengolah vokal otodidak, belajar vokal otodidak, belajar menyanyi otodidak, belajar nyanyi otodidak, latihan vokal otodidak, belajar olah vokal otodidak, cara mengolah vokal, 
Share this article!

Comments

  1. Yaa minimal sudah dikasi tau cara berlatih pernafasannya. Makasih ya bray

  2. Kalau yg ga bisa banget nyanyi apa perlakuan nya beda?

  3. Knapa y saya dulu bisa bernyanyi yg mnurut saya dengan sangat baik tpi ketika saya lama tidak menyentuh musik pas nyanyi lg udah gk kuat dan amat sulit untuk olah vocal seprti dulu

Speak Your Mind

*