5 Kebiasaan Buruk Saat Belajar Musik Yang Harus Anda Hindari

KelasMusik.Com – Belajar musik merupakan salah satu hal yang sangat menarik. Banyak orang yang suka dengan musik dan mempunyai karir yang bagus dengan musik, namun ada juga orang yang hanya sekedar menyukai musik. Musik bisa membuat orang mengalami berbagai emosi yang dapat diluapkan, seperti marah, sedih, bahagia, atau kecewa. Banyak sekali keuntungan dalam mendengarkan atau juga belajar musik.

Namun tidak semua orang berbakat dalam musik. Musik itu sendiri juga harus dipelajari dan tentu saja ditekuni. Jika anda ingin belajar musik, maka anda harus hindari kebiasaan buruk saat belajar musik. Anda perlu memahami bahwa musik tidak bisa dipelajari dengan mudah. Butuh banyak focus dan juga ketekunan serta keuletan dalam belajar musik. Dibawah ini adalah hal yang harus anda hindari ketika anda berkeinginan untuk belajar musik dan juga menguasainya.

  • Belajar dalam 1 malam

Belajar musik tidak bisa hanya dengan sekali melakukan atau melihat pembelajaran musik. Musik adalah sesuatu yang sangat dinamis dan tentu dapat berkembang dengan sangat cepat. Jika anda ingin belajar musik, tentu saja anda harus mulai belajar dari hal yang paling mudah. Anda juga bisa mulai mengambil jenis musik yang menarik perhatian anda. Banyak sekali jenis musik dan alat musik yang bisa anda pelajari. Namun semua alat itu memang harus anda pelajari dengan perlahan dan tidak hanya dengan belajar 1 malam saja.

  • Belajar tanpa praktik

Hindari kebiasaan buruk ketika anda belajar musik dengan tanpa mempraktikkannya sama sekali. Ketika anda belajar musik, tentu anda harus latihan anda juga praktik. Dengan banyak praktik, tentu anda akan semakin terbiasa dengan apapun yang sedang anda pelajari. Belajar dengan tekun dan ulet akan membuat anda lebih mudah dalam bermain musik. Cobalah untuk selalu mempraktikkan apa yang anda pelajari dan pastikan bahwa anda bisa belajar musik dengan benar dan bisa anda praktikkan sekalian.

  • Belajar hanya dengan membaca

Jika anda yakin bahwa hanya dengan membaca anda bisa langsung belajar musik, maka anda salah besar. Salah satu dari kebiasaan buruk saat belajar musik adalah hanya belajar dari membaca buku saja. Itu tentunya tidak akan cukup. Anda perlu banyak sekedar dari membaca buku. Anda perlu menonton video, praktik dan tentu saja implementasi dari apa yang sudah anda pelajari dari buku. Banyak belajar dan jangan hanya membaca buku musik.

  • Fokus pada banyak hal

Jika anda focus pada banyak hal, tentu saja itu tidak akan membuat tujuan belajar musik anda menjadi berhasil. Anda harus tahu mana prioritas anda dan pastikan bahwa hal tersebut memang sesuai dengan apa yang anda inginkan. Fokus pada banyak hal malah akan membuat anda tidak konsentrasi dalam melakukan sesuatu. Anda harus ambil mana priotitas anda dan yakinkan bahwa anda sedang fokus dalam mempelajari sesuatu.

  • Belajar musik terlalu serius

Jika anda belajar musik secara serius, hal itu malah akan membuat anda terbebani dan tidak bisa berkonsentrasi. Cobalah untuk membuat suasana hati anda tenang dan juga relax ketika anda belajar musik. Jika anda tegang dan menginginkan hasil yang sempurna, itu merupakan salah satu dari kebiasaan buruk saat belajar musik yang harus anda hindari. Relax dan tenang lakukan step by step ketika belajar musik akan membuat anda menjadi lebih mudah dalam menguasainya.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.