Apa saja sih perbedaan alat musik tiup saxophone dan trumpet? Inilah Dia Penjelasannya

KelasMusik.Com –  Alat musik woowind saxophone dan trumpet merupakan dua jenis alat musik yang sering dipakai secara bersamaan. Dan sudah tentu juga kedua alat musik ini tidak jarang dimainkan untuk acara-acara resmi dan wedding event. 

Trumpet merupakan alat musik yang mampu menghasilkan iringan nada semakin meriah dan indah. Ada beberapa orang yang gemar main trumpet. Di lain pihak banyak juga yang memainkan saxophone. Tak sedikit yang berpendapat kalau trumpet dan saxophone sama. Karena keduanya selain dimainkan dengan cara ditiup namun dari bentuknya juga mirip.

Ketika disandingkan dalam suatu event musik. Melodi kedua alat musik ini hampir terdengar sama. Sehingga saat digabungkan bunyinya sempurna. Padahal sesungguhnya tidak demikian.

Ada banyak perbedaan diantara keduanya. Apa saja sih perbedaan alat musik tiup saxophone dan trumpet? Berikut ini penjelasan dari kedua alat musik tiup tersebut akan dijabarkan sejelas mungkin.

  1. Bahan Yang Digunakan

Sebelum berbicara mengenai perbedaan dari bahan yang dipakai. Sebenarnya ada persamaan diantara keduanya. Contohnya bentuk memang mirip, begitu juga dengan bunyinya yang mempunyai kesamaan.

Lalu apa saja sih perbedaan alat musik tiup saxophone dan trumpet? Pembeda pertama berupa bahan yang dipakai. Alat musik terompet ada yang dari bahan silver dan ada juga dari bahan yang lain.

Hal itu berbeda jauh dengan saxophone. Bahan saxophone terbuat dari kuningan. Yang mana harganya lebih mahal daripada bahan trumpet. Dari keduanya tentu berbeda dari jenis bahannya.

  1. Genre Musik

Keduanya mempunyai kesamaan sebagai alat musik tiup. Tetapi berbeda dalam hal genre musik. Trumpet lebih banyak dimanfaatkan untuk keperluan musik klasik. Karena dari hasil nada yang ditiupkan begitu indah, meliuk dan menenangkan, membentuk irama teratur.

Maka alat tersebut lebih mengarah pada ciri khas musik klasik serta jazz. Itu memang benar adanya sampai saat ini trumpet dipakai untuk acara musik bergenre keduanya.

Kalau saxophone cenderung memiliki genre khusus berupa jazz. Itu karena saat dimainkan alunan melodi yang terbentuk memang dikhususkan sebagai jazz.

Meskipun alirannya jazz tapi sering tampil dalam acara marching band, band militer. Saxophone ternyata tidak sekedar format acara resmi saja. Tetapi lebih dari itu kegiatan yang bersifat meriah turut disemarakkan oleh alat musik ini.

  1. Cara Memainkannya

Selain dua hal tersebut perbedaan alat musik tiup saxophone dan trumpet yang lainnya adalah dari sisi penggunaannya. Alat musik trumpet umumnya ditiup dengan menekan tombol dan sudah tentu diperlukan pernapasan dan teknik meniup yang tepat. biasanya dimainkan ketika acara yang lebih casual. Hal tersebut sangat berbeda dengan saxophone.

Pemain saxophone sering tampil meniupkan nada indahnya dalam setiap acara resmi. Ketika memainkan saxophone, Anda akan dibantu dengan alat bernama mouthpiece dan reed. Kalau terompet alat bantunya berupa mouthpiece. Sekarang Anda tinggal pilih mau memainkan yang mana.

  1. Jenis saxophone dan trumpet

Seperti yang dijelaskan sebelumnya saxophone bahan dasarnya kuningan. Tetapi kategorinya masuk dalam instrumen woodwind. Karena ada corong buluh tunggal. Susunan saxophone umumnya berisikan tabung dengan bentuk kerucut. Dengan keistimewaan bagian ujung memiliki desain layaknya bel.

Alat musik ini terdiri dari 20 tombol nada diikuti dengan aneka ukuran pada seluruh tabung.  Dan untuk jenisnya ada saxophone alto, tenor, soprano, bariton. Dan uniknya alat musik saxophone ada baby saxophone dengan bentuk yang mungil. 

Beda cerita dengan trumpet yang memiliki bentuk lonjong cenderung bulat dan memiliki 3 bagian tombol untuk memainkan nada. Suara indah akan dihasilkan dengan melakukan tiupan ke dalam corong. Yang mana dengungannya terasa sampai ke kolom udara.

Trumpet itu mempunyai jenis banyak seperti terompet Bb, C, D, Eb, E, F, G.  Tetapi ada salah satu tipe yang umum dipakai yakni B flat. Alat musik tiup trumpet hanya memiliki tiga tombol, dan pemain trompet harus menyesuaikan embouchure untuk mendapatkan nada yang berbeda.

Trumpet C paling umum dipakai dalam orkestra Amerika, dengan bentuknya yang lebih kecil memberikan suara yang lebih cerah, dan hidup dibandingkan dengan trumpet Bb.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.