Ikuti Cara Bernyanyi Dengan Diafragma Paling Mudah

KelasMusik.Com – Diafragma termasuk lapisan yang memisahkan antara rongga dada, jantung dan paru-paru. Peranannya bagi perlindungan organ tubuh sangat penting. Begitu juga dengan aktivitas bernyanyi.

Teknik menyanyi yang baik itu ada dukungan penuh dari pernapasan diafragma. Karena lebih banyak memakai otot untuk memaksa udara beredar dari paru ke arah pita suara. Maka dari itu sebaiknya latih area otot tersebut secara benar. Tak lama kemudian suara emas siap diperdengarkan. Berikut ini tersedia beberapa cara bernyanyi dengan diafragma. Yuk, simak selengkapnya!

  • Latihan Pernapasan Pakai Diafragma

Latihan ini dapat Anda lakukan dengan menarik nafas sangat dalam, lalu dorong perut keluar, usahakan tubuh posisinya stabil. Secara perlahan keluarkan nafas lalu perut ditarik kembali. Posisi pundak sedapat mungkin tetap pada kondisi wajar. Otot bagian dada, pundak dan wajah tetap lemas. Tetapi otot yang dipakai bernapas harus kuat. Saat bernyanyi bayangkan saja sebagai cerobong asap. Nyanyian yang keluar dari cerobong tersebut dari diafragma, melewati paru dan naik.

  • Berlatih Napas Sambil Bernyanyi

Berlatih olah vokal serta pernapasan mempunyai peran penting untuk pemanasan. Anda dapat mengkombinasikan berbagai cara bernyanyi dengan diafragma. Contoh mudahnya sebagai berikut: Pertama ambil nafas dalam lalu tahan selama sekian detik dan lepaskan.

Saat melepaskan usahakan secara perlahan. Ketika napas telah masuk, angkat kedua tangan sampai bersentuhan. Setelah itu letakkan tangan ke arah bawah. Lakukan secara perlahan diikuti dengan  buang nafas. Kegiatan ini dapat dilakukan berulang selama lima kali.

Setelah langkah di atas rutin dilakukan Anda bisa mulai latihan nyanyi. Anda pakai nada paling rendah dahulu. Setelah itu terus latihan sampai nada tertinggi. Pastinya jangan memaksakan diri saat bernyanyi. Jangan sekalipun Anda mencoba untuk terburu-buru. Lakukan cara lambat karena itu lebih baik. Pita suara Anda mengalami treatment pemanasan.

  • Berdiri Dengan Postur Tegak Saat Bernyanyi

Cara bernyanyi dengan diafragma Anda selalu memakai nafas panjang serta volumenya udara yang terhirup banyak. Supaya Anda lancar melakukannya, postur tubuh usahakan mengambil posisi tegak sempurna. Dengan begitu Anda memberikan ruang luas untuk suara yang dihasilkan.

  • Tenggorokan Terbuka Ketika Bernyanyi

Anda rajinlah menghadap cermin saat menguap. Coba rasakan secara seksama bukaan pada area tenggorokan. Hal itu penting untuk melatih tenggorokan supaya terbuka lebar ketika menyanyi. Sehingga udara bebas mengalir sampai masuk diafragma. Dengan begitu Anda akan jauh lebih santai saat bernyanyi.

  • Melatih Dua Jenis Suara

Bernyanyi itu pada dasarnya memakai dua jenis nada. Nada tinggi umumnya memakai suara yang berasal dari kepala. Sedangkan nada rendah biasanya pakai suara dada. Ada baiknya Anda latih kedua nada dalam satu waktu. Hasil akan menakjubkan, suara emas Anda sangat memuaskan.

  • Berlatih Melafalkan Konsonan

Konsonan sering tidak terdengar jelas ketika bernyanyi. Maka latihan mengucap konsonan. Lalu nyanyikan secara berulang. Usahakan semua kata terdengar. Kalau Anda pakai diafragma, kata konsonan dapat terdengar. Akhirnya

  • Didampingi Oleh Instruktur Vokal

Saat Anda melatih olah vokal pakai diafragma. Sebaiknya didampingi oleh instruktur. Mereka tidak segan untuk memperbaiki ketika ada yang salah metode saat latihan. Selain itu kalau ada suatu kendala saat berlatih. Sang instruktur siap membantu.

  • Lakukan Pemanasan

Meskipun hanya berlatih bernyanyi, tetapi butuh pemanasan. Maklum saja metode bernyanyi pakai diafragma. Jadi pemanasan itu perlu supaya suara Anda bisa keluar maksimal. Anda cukup lakukan peregangan sederhana dan praktis. Setelah selesai bernyanyilah sepenuh hati.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.