Tips Memilih Alat Musik Biola Untuk Pemula

KelasMusik.Com – Apakah kamu salah satu pecinta alat musik biola atau yang suka mengoleksi alat musik gesek ini? bagi kalian yang gemar main musik khususnya biola tentu menginginkan kualitas terbaik dari alat musik tersebut. Dan tidak kalah pentingnya sesuai kebutuhan.

Bagi pemain biola profesional sudah terbiasa memilih yang tepat untuk mereka. Lalu bagaimana kalau kalian masih pemula? Tetapi sangat tertarik belajar biola. Kali ini ada tips memilih alat musik biola untuk pemula. Sangat mudah sekali diterapkan, pahami point pentingnya dan bersiap hunting ke toko musik terdekat. Dijamin tak akan salah pilih.

  • Ukuran Biola

Biola mempunyai berbagai ukuran ada yang paling kecil senilai 1/32, ukuran normal dengan nilai 4/4. Anda yang mempunyai anak usia 2-6 tahun bisa mulai mengasah bakat musik khususnya biola. Ternyata ada biola yang sesuai ukuran lengan mereka yakni ⅓ sampai ⅛. Sedangkan anak usia 4-7 tahun menggunakan ukuran ¼.

Beda lagi dengan anak usia 6-10 tahun jenis biolanya ukuran ½. Usia 9-11 tahun pakai ukuran ¾. Kalau biola ukuran normal yakni 4/4. Dipakai mereka yang berumur 11 tahun ke atas. Uniknya lagi biola khusus perempuan juga ada. Ukurannya senilai ⅞. Meskipun tersedia banyak ukuran, ada customer yang prefer mengukur panjang lengan sendiri.

  • Kualitas Kayu

Baik atau buruknya kualitas dari biola didasarkan pada suara yang dihasilkan. Tips memilih alat musik biola untuk pemula bisa dilihat dari jenis kayu yang dipakai sebagai bahan utama. Biola berkualitas tinggi umumnya memakai kayu jenis maple. Yang mana kayu itu ada di sisi side, neck, back body. Sedangkan bagian depan umumnya pakai jenis spurce.

Lain lagi dengan bagian fingerboard, disana kayu yang dipakai yakni ebony. Kayu tersebut punya karakter keras, penuh pesona dan tahan lama. Tapi kalian harus waspada dengan biola berbahan triplek. Itu sudah jelas biola kualitas buruk, walau harga yang sangat murah namun untuk kualitas kurang disarankan.

  • Bridge

Ini adalah kayu yang berada pada fingerboard serta tailpiece. Bagian ini fungsinya untuk menghantarkan getaran yang bermula dari senar lalu mengarah ke badan biola. Saat kalian membeli biola selalu diperiksa apakah bridge telah terpasang. Meskipun begitu ada biola yang memiliki bridge terpisah. Memang tidak semua merk memberlakukan bridge terpisah.

  • Purfling

Purfling memiliki fungsi untuk membuat tampilan terlihat lebih menarik. Peran lainnya sebagai pelindung dari berbagai jenis keretakan. Yang mana itu terjadi akibat dari penyusutan kayu. Saat Anda membeli jangan lupa untuk meraba sisi tepi. Apakah disana ada purfling atau sekedar lukisan saja.

  • Merk

Saat kalian mendatangi toko musik ada berbagai merk biola. Mulai dari harga senilai ratusan ribu sampai jutaan. Merk yang tersedia biasanya bernama Viena, Skylark, Cremona, Pearl River, Harrier, Karl Hoffner dan lainnya. Silahkan pilih sesuka hati. Sudah untuk setiap brand memiliki kualitas yang terbaik dan berbeda untuk kuaitas suara.

  • Kelengkapan

Tips memilih alat musik biola untuk pemula keenam ini juga penting. Kelengkapan harus diperiksa secara detail sebelum kalian putuskan bayar lunas. Semakin lengkap perlengkapannya, kualitas biola tak diragukan lagi. Ada berbagai jenis kelengkapan biola antara lain rosin, bow, senar, hardcase, shoulder rest, serta biola. Penjelasan masing-masing bagian sebagai berikut:

  1. Rosin : Bagian ini berfungsi untuk memberikan cengkeraman bow. Penggunaannya mudah yakni gosokkan rosin dengan bow yang kencang. Rosin sendiri berasal dari pinus yang yang telah diambil getahnya dan dipanaskan selama beberapa hari.
  2. Bow : Bagian ini berfungsi sebagai penggesek. Bow kualitas bagus umumnya memakai rambut yang berasal dari kuda. Bow ini terbagi dalam beberapa bagian yakni screw, pad, frog, stick lalu hair.
  3. Senar : Kelengkapan ini dibuat memakai bahan  berupa usus domba. Zaman sekarang ini senar dari usus telah dicampuri dengan logam. Berkat tambahan tersebut senar jadi kuat, tahan lama, dan bernilai tinggi.

BACA JUGA :

Teknik Yang Benar Bermain Biola Untuk Pemula

Tiga Hal Penting Untuk Mengetahui Kunci Nada Dasar Belajar Biola

Tips Yang Kamu Harus Diketahui Sebelum Mempelajari Alat Musik Biola

Berbagai Aplikasi Belajar Biola Android

Cara Merawat Alat Musik Biola, Viola, Gitar, Cello

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.