Tips Mengekspresikan Diri Dengan Musik

KelasMusik.Com – Mengekspresikan diri dengan musik sejatinya dapat dilakukan dengan berbagai macam hal yang positif. Seperti yang kita ketahui, musik merupakan salah satu seni yang memilki nilai jual. Dengan musik, kita tak hanya bisa menyalurkan hobi kita tapi juga mampu mengembangkan bakat- bakat yang ada di dalam diri kita. Mengekspresikan diri dengan musik merupakan cara yang paling ampuh untuk mengisi waktu luang Anda, meredam stress Anda di tengah- tengah kesibukan, menyalurkan hobi bermusik Anda serta mengasah potensi / bakat terpendam yang Anda miliki.  Berikut ini beberapa tips mengekspresikan diri dengan musik.

tips mengekspresikan diri dengan musik

Ilustrasi Mengekspresikan Diri Dengan Musik
sumber : youtube.com

Berkaraoke

Berkaraoke merupakan aktivitas bermusik yang paling mudah dan efisien. Aktivitas semacam ini juga bisa dilakukan untuk merilekskan pikiran Anda. Biaya karaoke juga sangat murah. Karaoke bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja Anda mau. Terdapat banyak sekali outlet- outlet karaoke yang tersebar di berbagai kota- kota besar di Indonesia. Bagi Anda yang senang berkaraoke di rumah, Anda bisa mencoba jenis home- karaoke. Cukup dengan membeli perangkat software karaoke dan beberapa hardware yang dibutuhkan untuk membangun homing karaoke.

Paduan Suara

Bergabung dalam group paduan sauara juga merupakan salah satu tips mengekspresikan diri dengan musik yang paling gampang. Jika di sekolah, kampus maupun di tempat tinggal Anda terdapat group paduan suara, Anda bisa bergabung dengan kelompok tersebut sebagai sarana melatih vokal Anda. Beberapa kelompok paduan sauara juga melatih Anda untuk dapat bermain alat musik seperti piano, biola dan jenis alat musik lainnya.  Tak ada salahnya bukan bergabung dengan kelompok semacam itu?

Membuat Syair Lagu

Membuat syair lagu merupakan sarana mengekspresikan diri dengan musik yang terbilang sangat mudah. Syair bisa ditulis sesuai curahan hati, pengalaman pribadi dan lain sebagainya. Selanjutnya Anda bisa mengubah syair tersebut kedalam sebuah lirik lagu yang diaransemen sedemikian rupa dengan kombinasi nada dan alat musik yang tepat. Untuk lirik lagu yang bernuansa sendu, Anda cukup mengiringi nya dengan gitar akustik maupun biola. Semakin banyak kombinasi musik yang diciptakan, semakin bagus pula lagu tersebut terbentuk.

Berlatih Dance

Dance juga erat kaitannya dengan bermusik. Dance tidak mungkin dapat dilakukan tanpa adanya musik. Dance merupakan salah satu media mengekspresikan diri dengan musik yang cukup kompleks. Berlatih dance bisa dilakukan secara otodidak, dengan pelatih profesional, bergabung dalam kelas dance maupun melalui media CD / DVD tutorial.

Membentuk Band

Hal lain yang dapat dilakukan untuk mengekspresikan diri dengan musik adalah dengan membentuk suatu band musikal. Anda bisa memulai karir Anda dengan membentuk band yang beranggotakan Anda dan teman- teman sehobi. Tentukan porsi potensi masing- masing. Vokal berasal dari anggota band yang memang memiliki suara paling bagus. Sedangkan untuk pemain alat musik seperti bassist, pianis, gitaris dan lain sebagainya, Anda bisa memilih seseorang yang paling menguasai diantara yang lain. Gunaka waktu untuk latihan bersama, saling mengisi dan saling mengajari satu sama lain. Kekompakan merupakan modal awal untuk meniti karir bermusik Anda di masa yang akan datang.

Mengikuti Kursus Alat Musik

Sebelum membentuk sebuah band, ada baiknya jika Anda mengikuti kursus alat musik. Seorang musisi yang baik tidak hanya mamiliki vokal yang baik saja, namun berbagai macam alat musik juga harus dikuasai. Apalagi dalam sebuah band, kekosongan anggota mungkin terjadi beberapa saat ketika pergantian personel,  atau terdapat salah satu anggota band yang sakit, secara otomatis, Anda atau alah satu anggota yang lain harus bisa menggantikannya untuk sementara waktu. Dengan kursus alat musik, Anda tak hanya diajarkan dasar- dasarnya saja, namun juga realisasi bermusik dari awam hingga ke tingkat profesional.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.