Bermain Musik Tidak Sesulit Itu! Ini Faktanya

KelasMusik.Com – Siapa bilang bermain musik itu sulit?. Bermain musik merupakan salah satu media untuk mengexplor diri Anda. Dengan musik, hidup akan terasa lebih bermakna dan varatif. Musik mampu mempengaruhi emosi seseorang dan bahkan mengafeksi / mempengarahui seseorang ke arah yang lebih postif. Bermain musik bisa menjadi sarana yang tepat bagi Anda untuk mengasah kemampuan Anda sekaligus menyalurkan hobi Anda. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk bermain musik, yang terpenting adalah seberapa besar minat Anda untuk belajar musik itu sendiri. Bermain musik ternyata tidak sesulit itu. Konsisten, tekun dan sabar adalah kuncinya. Berikut ini beberapa alasan bermain musik sejatinya tidak sukar.

Sabar Kuncinya

Seperti halnya dalam berlatih apapun, bermain musik jika tidak diimbangi dengan kesabaran tidak akan membuahkan hasil. Skill dan kemampuan bisa dihasilkan dari latihan secara terus menerus tanpa menyerah. Belajar musik, khususnya belajar memainkan alat musik hendaknya diawali dengan beberapa teori dasar, baru setelah mengetahui teori nya, direalisasikan dalam wujud penerapan / praktik. Fase- fase dalam berlatih memainkan alat musik tidak boleh diacak maupun dilompati, Harus secara runtut diijalani guna mendapatkan hasil yang maksimal, mulai dari yang dasar hingga ke tingkat profesional. Tanpa kesabaran, bermain musik akan menjadi sesuatu hal yang sia- sia.

Rajin Berlatih

Berlatih juga menjadi kunci kesuksesan Anda. Semakin seirng Anda berlatih maka semakin mahir pula Anda memainkannya. Pelajari teknik- teknik dasar bermain alat musik. Bermainlah dengan alat musik yang mudah – mudah dahulu. Baru setelah Anda merasa mampu memainkannya secara baik, Anda bisa mencoba berlatih memainkan alat musik yang lain. Berlatih musik dapat dilakukan dengan 2 cara yakni secara otodidak dan secara formal. Untuk jalur formal, Anda bisa mengikuti les private bersertifikat maupun sekolah musik. Untuk biaya yang lebih terjangkau, Anda bisa mencoba untuk bergabung dalam kursus musik. Anda akan dipandu oleh orang- orang yang berpengalaman, yang siap membantu memeberikan solusi terbaik bagi diri Anda.

Motivasi

Hal lain yang harus Anda miliki agar mampu memainkan alat musik dengan baik adalah motivasi. Selama Anda memiliki motivasi yang kuat untuk bisa belajar dan berusaha, skill dan kemampuan itu akan datang dengan sendirnya. Selalu optimis dengan apa yang Anda kerjakan, dan hargai setiap pencapaian Anda dalam bermusik. Support dari orang- orang terdekat seperti teman, orang tua dan pasangan mungkin sangat berguna bagi Anda.

Berlatih Bersama

Berlatih bersama juga menjadi salah satu hal yang patut Anda pertimbangkan jika ingin cepat menguasai permainan alat musik. Dengan berlatih bersama, segala kesulitan dan permasalahan selama latihan dapat dipecahkan secara bersama- sama. Berlatih bersama juga akan mempererat jalinan kekerabatan sehingga akan semakin kompak dan solid. Bukan tidak mungkin jika di masa yang akan datang, Anda dan teman- teman sejawat Anda bisa menjadi salah satu band terkemuka.

Kenali Bakat Anda

Mengenali bakat juga sangat penting. Jika Anda memiliki suara yang bagus, kemungkinan bakat Anda adalah menjadi seorang penyanyi. Namun lain halnya jika Anda tidak bisa bernyanyi atau suara Anda ternyata pas- pasan, kemungkinan bakat Anda bukan terletak pada suara Anda, dan bisa jadi Anda justru berbakat dalam memainkan alat musik seperti gitar maupun piano. Memaksakan menjalani suatu posisi dalam kegiatan bermusik yang tidak sesuai dengan bakat Anda akan sangat sulit untuk menjadi lebih baik. Kecuali jika Anda mau berlatih lebih keras lagi. Apa yang ada saja dalam diri Anda, kembangkan dan picu potensi nya.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.