Mengetahui Tips Olah Vokal Untuk Suara Vibra/Vibrato

KelasMusik.Com – Vibrato merupakan efek vibrasi berupa suara pendek dan cepat dalam nada vokal atau instrumental. Hal ini tentunya sudah tidak asing lagi dalam dunia olah vokal dan penyanyi karena sebelum ditemukannya mikrofon serta pengeras suara, maka olah vokal inilah yang digunakan penyanyi untuk memperoleh suara yang maksimal tanpa mengganggu pita suara. Sehingga, tips olah vokal untuk suara vibra/vibrato sejak dulu sudah banyak dilakukan.

Sedangkan saat ini, vibrato menjadikan suara terdengar menjadi lebih merdu. Oleh sebab itu, agar dapat bernyanyi dengan vibrato, maka perlu diperhatikan cara olah vokal yang tepat agar suara bisa terdengar merdu tanpa memberatkan pita suara. Adapun beberapa tips olah vokal untuk suara vibra/vibrato ialah sebagai berikut:

  • Membuka mulut dengan lebar

Buka mulut lebar-lebar, lalu lebarkan bagian belakang tenggorokan semampunya akan tetapi  lebih baik diusahakan semaksimal mungkin agar tampak seperti orang sedang menguap. Hal ini dilakukan untuk melatih kekuatan organ mulut bagian belakang agar saat menyanyi kelak tidak sakit akibat ketegangan otot. Di samping sebagai latihan awal, posisi tenggorokan tertutup juga tidak bisa menghasilkan suara yang merdu, sehingga alangkah baiknya saat bernyanyi posisi tenggorokan harus terbuka lebar.

  • Bagian-bagian otot tubuh perlu rileks

Tidak hanya otot bagian mulut yang perlu rileks dan direnggangkan, melainkan juga seluruh otot yang ada dalam tubuh. Hal ini dikarenakan vibrato tidak akan muncul ketika tubuh dan otot kita tegang, selain itu laring (saluran pernapasan) juga tidak bisa bergerak ke depan dan belakang ketika tubuh tegang. Oleh sebab itu, sebelum mulai menyanyi dengan vibrato alangkah baiknya melakukan rileksasi tubuh, guna meregangkan otot-otot agar tidak tegang dan Anda bisa bernyanyi dengan rileks.

  •  Posisi bernyanyi yang tepat

Pertahankan posisi bernyanyi yang benar guna mempertahankan vibrato suara yang dihasilkan. Misalnya posisi duduk atau berdiri dengan tegak. Adapun beberapa acuan yang bisa Anda coba ketika Anda bernyanyi dengan berdiri, pastikan kepala, leher dan punggung dalam satu garis lurus. Kemudian majukan minimal satu langkah kaki ke depan dan bisa disertai dengan gerakan tangan.

Sedangkan ketika Anda memilih bernyanyi dengan posisi duduk, maka duduklah dengan tegap dan hadapkan badan ke depan serta jangan sekali-kali menunduk atau melihat ke bawah dalam waktu yang lama.

  • Ambil pernafasan

Cobalah ambil nafas secara tenang dan teratur, jangan sekali Anda mengambil nafas terpotong-potong dan pendek. Sehingga, tariklah nafas sebanyak mungkin dengan keadaan yang tenang, rileks dan jangan terburu-buru agar tercipta nafas yang panjang dan konsisten. Hal inilah yang nantinya akan memunculkan kualitas vibrato yang baik, terlebih jika diimbangi dengan pengaktifan otot perut yang dapat menyangga diafragma.

  • Tarik nafas

Setelah membuka mulut lebar-lebar dan menarik napas panjang, maka berlatihlah menyanyi menggunakan diafragma. Alirkan udara melalui mulut sedikit demi sedikit secara perlahan. Selain itu fokus Anda saat benyanyi terletak pada perut, bukan lagi dada serta jangan lupa untuk menjaga seluruh otot dan tubuh agar tetap rileks.

  • variasi nada

Ketika Anda berlatih olah vokal secara teratur, jangan lupa untuk mencoba variasi-variasi nada cepat karena melalui osilasi cepat ini vibrato akan terbentuk dengan sendirinya. Bahkan, variasi vibrato nantinya juga akan lebih mudah terbentuk melalui osilasi nada cepat ini.

Itulah beberapa contoh tips olah vokal untuk suara vibra/vibrato yang bisa Anda coba. Lakukan secara pelan-pelan, bertahap dan rileks serta teratur untuk medapatkan suara vibra/vibrato yang berkualitas. Walaupun terbilang cukup sulit, namun ketika sudah terbiasa hal ini akan menjadi terbiasa dan akan lebih mudah.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.