Yang Manakah Jenis Suara Kamu Saat Bernyanyi?

KelasMusik.Com – Untuk setiap penyanyi memiliki kualitas vocal yang berbeda dari tinggi nada suara kekuatan vocal dan pencapaian tinggi nada yang dicapai.

Kualitas suara manusia dapat dilihat dari jangkauan suara, timbre suara, berat suara dan titik transisi vocal saat naik turunnya nada suara tersebut.

Namun ada beberapa penyanyi dengan jangkauan suara yang biasa, namun saat menyanyikan suatu lagu terdengar sangat asyik didengar dan nyaman untuk dinikmati.

Oleh sebab itu bukan hanya yang memiliki kualitas suara yang wah untuk enak dinikmati, tetapi bisa dari keunikan suara atau kualitas suara yang biasa yang dapat menyentuh hati pendengar lagu/ nyanyian tersebut.

Untuk seorang penyanyi dalam suatu paduan suara ada pembedaan beberapa suara dalam kelompok tersebut sehingga ada suatu yang membedakan dari nyanyian tersebut.

Suara dari para penyanyi paduan suara terbentuk dari pembagian jenis suara yang bisa dilihat dari empat pembagian suara yaitu sopran, alto, tenor, bass. Dan walaupun ada jenis suara lainnya yaitu baritone, mezzo sopran.

  • Jenis suara wanita dan pria

Setiap penyanyi wanita dan penyanyi pria walau itu penyanyi solo dan paduan suara mereka memiliki suara yang berbeda.

Jenis suara penyanyi wanita dibedakan menjadi tiga jesis yaitu sopran dimana suara ini adalah suara paling tinggi mencapai tinggi suara diantara C4 dan C6.

Untuk suara mezzo sopran suara wanita diantara suara suara sopran dan contraalto antara A3 sampai A5 dan bisa dapat sampai ke F3 dan C6. Yang terakhir untuk suara wanita adalah alto (contralto)  ini adalah suara wanita paling rendah dan rentang suara alto terletak antara F3 sampai F5.

Kemudian untuk jenis suara pria dibedakan menjadi empat jenis yaitu kontratenor, tenor, baritone dan bass. Kontratenor adalah suara tinggi pria yang disebut juga suara sopran pada pria.

Tenor adalah suara pria diatas suara baritone dan dibawah suara countertenor yang mencapai antara C3 sampai C5. Untuk suara BAriton berada diantara suara tenor dan suara bass dan rentang suara baritone terletak dari A2 sampai A4. Kalau suara bass adalah suara pria yang paling rendah. Suara bas menjadi salah satu jenis suarayang sangat rendah dari semua jenis suara.

  • Teknik vocal saat menyanyi

Pada saat bernyanyi selain dari jenis suara yang dimiliki seorang penyanyi tentu juga ada teknik vocal dimana seorang penyanyi bisa bernyanyi diluar jangkauan nada biasa.

Kualiatas suara manusia ditentukan oleh teknik vocal yaitu intonasi, resonansi, artikulasi, pernapasan, dan pembawaan.

Untuk teknik vocal saat bernyanyi yaitu teknik vocal falsetto yang biasanya digunakan saat menyanyikan lagu pop sehingga memberi efek yang membuat lagu tersebut dinyanyikan lebih emosional.

Biasanya falsetto Lebih mudah saat menyanyi deregister headvoice yang artinya nada-nada tinggi yang membuat suara wanita sangat tinggi.

Teknik falsetto ini sangat susah untuk dikuasai karena ini teknik yang cukup sulit dengan tiknik vocal untuk volume lambat.

Saat menyanyikan sebuah lagu yang memiliki nada yang tinggi dibutuhkan teknik vocal untuk mencapai nada tersebut yang disebut dengan nada falsetto.

Pasa saat bernyanyi teknik vocal dalam pengucapan juga harus jelas karena kalimat vocal memiliki karakter bunyi dan ciri masing-masing dalam pengucapannya.

Didalam berkomunikasi misalnya saat berbicara, membaca, dan bernyanyi vocal sangat berperan penting  karena dapat menghidupkan bunyi bagi setiap konsonan, memberi arti yang jelas dan menjadi dasar pengucapan.

Share this article!

Speak Your Mind

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.